Dark/Light Mode

Pimpin Rakor, Sekjen LHK Paparkan Penanganan Dampak Covid-19

Selasa, 9 Maret 2021 22:58 WIB
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sekjen) KLHK, Bambang Hendroyono memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (9/3).

Dalam rakor tersebut, Bambang menyampaikan, bahwa langkah pencegahan dan penanggulangan di lingkungan LHK sudah berjalan baik. Begitu juga sistem pelaporan berjenjang untuk memantau kondisi pegawai setiap harinya.

Menurutnya, hal yang perlu diwaspadai yaitu penularan di luar kantor. Hal ini untuk mencegah terjadinya kluster dikeluarga.

Baca juga : Ini 5 Arahan Sekjen KLHK Saat Pimpin Rapat Koordinasi Pencegahan Covid-19

“Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus terus dimonitor kondisinya, dengan melakukan tes swab Covid-19 secara berkala dan dilakukan upaya untuk peningkatan imun melalui pemberian makanan, vitamin, dan multivitamin,” ujarnya.

Bagi ASN yang kurang sehat, Ia menyarankan agar bekerja dari rumah dan mengambil langkah untuk pemulihan kesehatannya. Apabila diperlukan melakukan operasi dan penanganan khusus terhadap kejadian tertentu, dapat melibatkan dokter, ahli atau advicer.

“Kita juga melakukan upaya upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19 melalui refocusing dan realokasi anggaran APBN ,” katanya.

Baca juga : Begini Cara Gus Menteri Sapa Desa di Era Covid-19

Pada kesempatan tersebut, Bambang juga memaparkan , lima arahan dan strategi penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di lingkup KLHK.

Pertama, meminimalisir kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan banyak orang. Kedua, memperkuat kemampuan tracking sistem dan manajemen tracing. Ketiga, keharusan para pihak untuk melaporkan secara berkala terkait kondisi pegawai pada Satker masing masing.

Keempat, ASN KLHK menjadi teladan dalam penerapan 5M pada setiap aktivitas di kantor maupun di luar kantor. Kelima, pelaksanaan vaksinasi di KLHK agar dimonitor dan berdampak terhadap peningkatan  kekebalan.

Baca juga : Puan: DPR Segera Tetapkan Prolegnas 2021

Saat ini, pegawai LHK mulai menjalani vaksinasi Covid -19 dosis pertama di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, sejak Senin (8/3).

Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap sampai 16 Maret 2021. “Saya kembali menegaskan bahwa Ibu Menteri LHK, Siti Nurbaya sangat peduli terhadap hal ini. Beliau memberikan perhatian khusus, setiap hari mengikuti perkembangannya. ibu juga sangat berharap semua pegawai KLHK selalu sehat dan terhindar dari Covid-19,”kata Bambang dalam rakor tersebut.

Rakor penanganan Corona ini dihadiri oleh Tim Covid-19 KLHK dan seluruh pimpinan unit kerja pusat dan daerah.[MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.