Dark/Light Mode

Stimulus Fiskal Usaha Pemulihan Ekonomi Nasional

Rabu, 24 Maret 2021 20:23 WIB
Menteru Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Ist)
Menteru Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Bantuan Tunai Tahun 2021 yang merupakan program pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah terdiri atas tiga program, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan dalam empat tahap.

Pemberiannya langsung kepada penerima melalui bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Baca juga : Bertemu Delegasi S&P, Airlangga Bicara Pemulihan Ekonomi Sampai Vaksinasi

Lalu ada program Sembako sebesar Rp 200 ribu per bulan per kepala keluarga hingga Desember 2021 mendatang yang juga disalurkan melalui perbankan untuk dibelanjakan bahan pangan di tempat yang telah ditentukan.

Bantuan Tunai itu juga mencakup program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300 ribu per bulan per kepala keluarga yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Baca juga : Jakarta ePrix Diyakini Jadi Pemicu Kebangkitan Ekonomi Bangsa

Secara terpisah, Dirut PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rachmad Djoemadi mengatakan, penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) diberikan selama empat bulan, mulai Januari sampai April. Pemberian BST itu disebut Faizal dapat meringankan beban keluarga yang terdampak pandemi Covid-19, sekaligus pada akhirnya membantu perekonomian nasional untuk bangkit dan bergerak.

Tahun ini, katanya, realisasi penyaluran bantuan itu sudah berjalan 3 tahap. Dia pun berharap program yang dijalankan pemerintah dapat menjadi pemicu penggerak ekonomi nasional, dan memperkuat daya beli masyarakat. "Sehingga pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan lebih baik,” tutur Faizal .

Baca juga : Puan Harap Ekonomi Syariah Digenjot Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran masing-masing sebesar Rp 28,709 triliun untuk PKH, Rp 42,5 triliun untuk Program Sembako, dan Rp 12 triliun untuk BST . [BYU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.