Dark/Light Mode

Pemimpin Muda Baru 4 Persen

Erick Tuntut Bos BUMN Cetak CEO Kelas Dunia

Kamis, 8 April 2021 05:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir usai melakukan penandatanganan komitmen bersama pengurus Forum Human Capital Indonesia (FHCI) pada acara Kick Off dan Pelantikan Pengurus FHCI 2021-2024 yang diselenggarakan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta pada Rabu (7/4). (Foto : Dok.  Pertamina).
Menteri BUMN Erick Thohir usai melakukan penandatanganan komitmen bersama pengurus Forum Human Capital Indonesia (FHCI) pada acara Kick Off dan Pelantikan Pengurus FHCI 2021-2024 yang diselenggarakan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta pada Rabu (7/4). (Foto : Dok. Pertamina).

RM.id  Rakyat Merdeka - Para petinggi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), diharapkan tak hanya berupaya meningkatkan kinerja perusahaan, tetapi juga memikirkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Leadership-nya harus berkembang, training Chief Executive Officer (CEO). Karena saat ini ini eranya CEO BUMN untuk bersaing dengan CEO global,” pesan Menteri BUMN Erick Thohir dalam Konferensi Pers Pelantikan Pengurus dan Kick Off Forum Human Capital Indonesia (FHCI) 2021 secara virtual, kemarin.

Berita Terkait : Erick Patok 4 BUMN Masuk 500 Perusahaan Top Dunia

Menurut Erick, salah satu industri Tanah Air yang saat ini patut dibanggakan adalah sektor perbankan. Kinerja perbankan pelat merah tak kalah kompetitif dibandingkan asing dan swasta. Bahkan, mereka mampu bersa­ing dengan perusahaan global.

“Kita patut bangga terhadap BRI dan Mandiri. Belum lagi kemarin saat Covid-19, Him­bara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) mendapat penugasan sig­nifikan membantu sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah). Bahkan, penjaman ke UMKM mencapai 60 persen, ini lebih be­sar dari bank swasta,” sebutnya.

Baca Juga : KPK, Bareskrim Dan Kejaksaan Ikut Pelototin Anggaran PEN

Dia menilai, perbankan cocok menjadi contoh bagi klaster lain di BUMN agar bisa bersaing di tingkat global. Namun Erick mengingatkan, hal itu tak akan terjadi jika tak melakukan trans­formasi human capital.

“Harus punya roadmap dan ekosistem yang baik juga transparan. Program yang ada di FHCI diharapkan, menghasilkan talenta terbaik dan mampu meng­hadapi persaingan BUMN,” ujarnya.

Baca Juga : RI-Inggris Makin Mesra

Erick mengapresiasi FHCI selama ini melahirkan talenta-talenta terbaik, untuk menyong­song Indonesia menjadi negara maju di 2045. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah men­canangkan cita-cita Indonesia tahun 2045 menjadi negara maju, dengan pendapatan Rp 320 juta per kapita per tahun atau Rp 27 juta per kapita per bulan, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 7 triliun dolar AS (Rp 101.490 triliun). Selain itu, menempatkan pereko­nomian Indonesia masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiski­nan mendekati nol persen.
 Selanjutnya