Dark/Light Mode

Pemimpin Muda Baru 4 Persen

Erick Tuntut Bos BUMN Cetak CEO Kelas Dunia

Kamis, 8 April 2021 05:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir usai melakukan penandatanganan komitmen bersama pengurus Forum Human Capital Indonesia (FHCI) pada acara Kick Off dan Pelantikan Pengurus FHCI 2021-2024 yang diselenggarakan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta pada Rabu (7/4). (Foto : Dok.  Pertamina).
Menteri BUMN Erick Thohir usai melakukan penandatanganan komitmen bersama pengurus Forum Human Capital Indonesia (FHCI) pada acara Kick Off dan Pelantikan Pengurus FHCI 2021-2024 yang diselenggarakan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta pada Rabu (7/4). (Foto : Dok. Pertamina).

 Sebelumnya 
“BUMN sebagai mesin per­tumbuhan ekonomi merupakan salah satu elemen utama untuk mencapai cita-cita nasional men­jadi negara maju,” tuturnya.

Untuk mewujudkannya, lanjut Erick, membutuhkan leadership. Saat ini, leadership pimpinan muda BUMN jumlahnya minim, masih 4 persen. Tahun ini di­harapkan naik jadi 5 persen. Sementara untuk kepemimpinan perempuan di angka 11 persen. Dia menargetkan tahun ini naik ke 15 persen, dan di 2023 men­jadi 20 persen.

Baca juga : Erick Patok 4 BUMN Masuk 500 Perusahaan Top Dunia

“Wanita tak hanya kreatif secara ekonomi, tapi juga menjadi ibu ru­mah tangga yang sukses mendidik anak-anaknya,” ucap Erick.

Ketua Forum Human Capital Indonesia periode 2021-2024, Alexandra Askandar menutur­kan, program pengembangan SDM yang berkesinambungan akan diimplementasikan FHCI bersama BUMN. Hal ini untuk membangun kolam talenta (talent pool) nasional demi mewu­judkan visi pemerintah.

Baca juga : Sandi Boyong Desa Wisata Bali Jadi Medical Tourism Kelas Dunia

Menurut Wakil Direktur Uta­ma Bank Mandiri ini, FHCI telah berkiprah selama 1,5 dasawarsa dalam mengembangkan SDM nasional, terutama di lingkungan BUMN. Bahkan dalam lima tahun terakhir ini, tren pengembangan human capital di Indonesia ini banyak melahirkan gagasan dan program-program terobosan di BUMN.

“FHCI menyokong upaya Kementerian BUMN untuk terus mendorong partisipasi generasi milenial dan ketewakilan perem­puan di jajaran direksi perusahaan BUMN,” imbuhnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.