Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selesaikan Konflik Papua

Mahfud MD: Sambil Tempuh Jalan Damai, Teroris Bakal Terus Diburu!

Rabu, 19 Mei 2021 13:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Ist)
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko PolhukamMahfud MD memastikan, pemerintah Indonesia berkomitmen menempuh pendekatan kesejahteraan dan jalan damai dalam menyelesaikan persoalan konflik di Papua.

"Jalan damai ini, menjadi salah satu cara menyelesaikan konflik di Papua," kata Mahfud MD saat konferensi pers terkait update perkembangan Papua dan Poso di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat yang disiarkan secara live, Rabu (19/5).

Bukti pendekatan damai dan kesejahteraan ditempuh pemerintah Indonesia, papar Mahfud, yakni melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Kebijakan penanganan Papua oleh pemerintah secara umum itu menggunakan pendekatan kesejahteraan, pendekatan damai tanpa kekerasan, tanpa senjata itu. Bagaimana itu dituangkan dalam kebijakan pemerintahan," ungkapnya.

Baca juga : Sahabatnya Kemakan Hoaks, Mahfud Lempengin Pernyataan Soal Korupsi

Selain itu, lanjut Mahfud, dana otonomi khusus (Otsus) Papua juga akan ditambah jumlahnya sebesar 0,25 persen dari yang tadinya 2 persen, menjadi 2,25 persen. Jika ditotal, jumlah itu lebih besar 17 kali lipat dari dana masyarakat luar Papua.

"Dana Otsus di Papua itu sebesar dua persen. Insya Allah tahun depan jadi 2,2 persen. Dan itu berarti menurut perhitungan di Rizal Ramli di sebuah acara televisi, itu kira-kira kalau dirata-ratakan belanja untuk orang Papua sekira 17 kali lebih besar dengan rata-rata di luar Papua," tuturnya.

Selanjutnya, penegak hukum akan menelusuri penyalahan dana negara. Menurut Mahfud, selama ini ada yang beranggapan korupsi di Papua dibiarkan.

"Selama ini sering mempertanyakan kenapa di sana korupsinya dibiarin. Kita sekarang sudah menentukan 10 korupsi terbesar, baik laporan dari BPK maupun hasil temuan BIN. Akan dilakukan penegakan hukum kepada mereka," ujar Mahfud.

Baca juga : Hore, Pekan Ini Tunggakan Buat Nakes Bakal Dibayar

Namun demikian, menanggapi kekerasan teroris bersenjata, pemerintah juga melakukan pendekatan hukum dan keamanan. Para teroris yang melakukan tindak kekerasan kepada aparat dan warga akan terus diburu. Mahfud kembali menegaskan, pihak yang diburu hanyalah yang memang melakukan teror.

"Kita akan terus buru para teroris, bukan organisasi Papua, tapi orang-orang Papua yang melakukan teror. By name, ada nama-nama yang disebut," tegasnya.

Seperti diketahui, eskalasi keamanan di Papua kembali meningkat. Dua prajurit TNI dari pasukan elite Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) gugur dalam tugas perburuan teroris Papua di Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (18/5).

Dua prajurit TNI itu bernama Prada Aryudi dan Praka M Alif Nur. Keduanya dianiaya orang tak dikenal (OTK) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua saat keduanya tengah melakukan pengamanan di sekitar Bandara Nol Goliat Dekai. Pelaku penyerangan diperkirakan berjumlah 20 orang.

Baca juga : KKB Papua Kudu Segera Diteroriskan

Mereka menyerang dengan pedang, parang, dan golok. Korban sempat melakukan perlawanan namun kalah jumlah. Senjata api jenis SS2 milik Prada Aryudi dan Praka M Alif Nur yang menjadi korban penyerangan dirampas para pelaku. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.