Dark/Light Mode

Tak Semua Negara Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19

Indonesia Beruntung Lho

Jumat, 28 Mei 2021 07:23 WIB
Karyawan melakukan pengecekan suhu dan baterai Envirotainer berisi bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac saat tiba di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021). (Foto: ANTARA/Novrian Arbi)
Karyawan melakukan pengecekan suhu dan baterai Envirotainer berisi bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac saat tiba di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021). (Foto: ANTARA/Novrian Arbi)

 Sebelumnya 
Sementara, vaksin Sinopharm dan CanSino untuk vaksin Gotong Royong juga akan mulai masuk ke Tanah Air bulan depan. Sayang, dia tidak merinci jumlahnya.

Sementara, Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir menyatakan, 77 ribu dosis vaksin Sinopharm untuk program vaksinasi gotong royong telah terdistribusikan (25/5).

Dari jumlah tersebut, sekitar 22 ribu di antaranya sudah disuntikkan kepada karyawan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca juga : Gelora: Pembubaran Negara Israel, Solusi Palestina Bebas Penjajahan

“Jadi, kami masih punya 400 ribu lagi yang segera kami lakukan schedule. Pertama ini akan selesai paling telat Juni, kemudian akan ada lagi suplai. Berikutnya dari Sinopharm paling telat itu akan datang Minggu kedua Juni,” ungkap Honesti.

Honesti mengatakan, total ada 1 juta vaksin Sinopharm yang akan didatangkan untuk program vaksin gotong royong. Nantinya, vaksin tersebut bakal disalurkan ke perusahaan maupun fasilitas layanan kesehatan yang telah mendaftarkan ke Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan harga vaksin Gotong Royong sebesar Rp 321.660 per dosis. Sementara tarif maksimal layanannya sebesar Rp 117.910 per dosis.

Baca juga : Halauan Negara, Pertahanan Nasional Dan Urgensi Infrastruktur TIK

Pemerintah berharap penggunaan vaksinasi gotong royong dapat ditingkatkan. Sehingga, target untuk kekebalan komunal (herd immunity) dapat segera tercapai.

“Total untuk satu kali penyuntikan vaksin gotong royong itu sebesar Rp 439.570. Ini sudah berjalan sampai hari ini,” tutur Honesti.

Di luar Sinopharm, pemerintah juga telah mendapatkan komitmen pengadaan vaksin dari Sputnik V untuk program tersebut. Sementara vaksin CanSino, komitmen pengadaannya masih dibahas oleh pemerintah. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.