Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Daerah Diminta Terus Berbenah

Jangan Sepelekan Covid-19!

Selasa, 8 Juni 2021 07:09 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito. (Foto: Humas BNPB)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito. (Foto: Humas BNPB)

 Sebelumnya 
Ganip menekankan, dalam manajemen lapangan, mulai dari tingkat terkecil di hulu, harus sudah menerapkan PPKM Mikro berbasis RT dan RW.

“Semua desa yang dinyatakan merah atau sesuai zonasi sudah semestinya mendirikan posko-posko Satgas Covid-19,” tutur Ganip.

Posko-posko yang ada tidak sekadar formalitas. Dia memerintahkan agar seluruh posko Satgas Covid-19 wajib menjalankan peran dan fungsinya, terutama di level desa.

Baca juga : Ekonomi Syariah Diminta Jadi Solusi Utama Pengentasan Kemiskinan

Yang sudah berjalan harus ditingkatkan. Perlu dioptimalkan karena posko ini terdiri dari berbagai elemen, baik itu Babinsa, Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan unsur dari Puskesmas.

“Ini saya minta harus dioptimalkan semaksimal mungkin agar melakukan fungsi pencegahan, fungsi penanganan, fungsi pembinaan dan fungsi dukungan,” pinta Ganip.

Terkait fungsi pencegahan ini, Satgas masih terus memantau dan memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga : Serukan Perang Badar Terhadap Korupsi, Firli: Jangan Terpengaruh Kekuasaan!

Ketika kasus mengalami lonjakan, maka Satgas daerah juga diharapkan langsung membatasi mobilitas penduduk antarsatu desa dengan desa lainnya.

Lalu penanganan berikutnya yang harus diperhatikan adalah peningkatan jumlah testing dan tracing. Dia mengatakan, testing, tracing dan treatment atau 3T, sudah seharusnya dijalankan posko-posko di daerah.

Ganip juga mengingatkan daerah melakukan pembinaan untuk sosialisasi dan edukasi. Pelaksanaannya bisa melibatkan tokoh-tokoh masyarakat.

Baca juga : Hari Pancasila, Kapolri Ajak Rakyat Bersatu Lawan Covid-19

“Ajak tokoh-tokoh adat serta tokoh agama yang ada di daerah. Kebijakan penanganan bisa disesuaikan dengan kearifan lokal. Ini menjadi hal yang harus diperhatikan. Karenanya, jalin komunikasi jalin koordinasi dan kolaborasi,” imbaunya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.