Dark/Light Mode

Banten Berpotensi Kembangkan Kopi

Kamis, 25 April 2019 17:54 WIB
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menjadi barista dalam acara Festival Kopi Banten 2019, di halaman pendopo Pemkab Serang, Rabu (24/4). (Foto: Tangsel Pos).
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menjadi barista dalam acara Festival Kopi Banten 2019, di halaman pendopo Pemkab Serang, Rabu (24/4). (Foto: Tangsel Pos).

 Sebelumnya 
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauchid menyampaikan, luas lahan pertanian sektor kopi di Provinsi Banten seluas 6.468 hektare. Tingkat produksinya per tahun masih rendah yakni 2.428 hektare.

“Komoditas kopi di Banten sangat luar biasa, kedai kopi sudah banyak bermunculan, itu menandakan tingkat perekonomian yang meningkat,” jelasnya.

Baca juga : KPK Belum Cabut Pembantaran Rommy

Sementara Anton Apriyantono yang juga menjabat sebagai Dewan Kopi Indonesia menuturkan, ternyata kopi di Kabupaten Serang tak kalah enak.

“Tadi saya coba beberapa mas. Rasanya punya ciri khas sendiri. Luar biasa, coba segera disampaikan agar bisa diklasifikasi, supaya punya hak paten,” ucapnya.

Baca juga : Lagi, Prabowo Deklarasi Kemenangan Pilpres

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Kopi Banten 2019 Wajid Nuad menjelaskan, potensi kopi di Banten sangat banyak terutama di daerah tinggi. Saat ini paling diunggulkan di Pandeglang, Kabupaten Serang dan Lebak.

“Kita harus menyentuh berbagai sisi untuk mengembangkan kopi di Banten, terutama memberikan edukasi kepada petani. Selain itu memperluas perkebunan dan juga menanam serta mengolah kopi yang baik,” jelasnya.

Baca juga : Pemilihan Rektor Unpad Harus Kedepankan Meritokrasi

Kata dia, tujuan diselenggarakannya acara ini untuk mengenalkan bahwa di Banten juga ada kopi.

“Jangankan masyarakat umum, orang Banten sendiri belum tentu mengetahuinya. Semoga acara ini bisa diselenggarakan setiap tahun,” pungkasnya.[CMB/YUL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.