Dark/Light Mode

3 RS Dikonversi Untuk Tangani Covid, Ini Kesiapannya

Jumat, 25 Juni 2021 10:34 WIB
Juru Bicara Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual mengenai konversi 3 rumah sakit untuk penanganan Covid-19, Kamis (24/6). (Foto: YouTube)
Juru Bicara Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual mengenai konversi 3 rumah sakit untuk penanganan Covid-19, Kamis (24/6). (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
RSUP Persahabatan

Syahril yang juga menjabat Plt Direktur Utama RSUP Persahabatan mengungkap, rumah sakit di wilayah Jakarta Timur itu memiliki 409 tempat tidur.

Hingga hari ini, sudah 55 persen tempat tidur didedikasikan untuk merawat pasien Covid-19, dengan rincian 32 ICU, dan 165 non ICU.

Baca juga : Hadapi Lonjakan Kasus, 3 RS Dikonversi Khusus Tangani Covid-19

''Dengan lonjakan ini, kami merencanakan penambahan tempat tidur dengan 4 tahap. Ruangan biasa, akan diupayakan menjadi ruangan isolasi," tutur Syahril.

Tak hanya itu, RSUP Persahabatan juga butuh tambahan tenaga, terutama perawat sebanyak 150 perawat dan 14 dokter.

"RSUP Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso hanya menerima rujukan kasus Covid-19 berat dan kritis. Tidak semua pasien Covid-19 yang datang ke RS tersebut, akan dirawat. Bisa juga dirujuk ke RS terdekat, bila kondisinya ringan sampai sedang," jelas Syahril.

Baca juga : 36 Pegawai KPK Yang Terpapar Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri

RSUP Fatmawati

RSUP Fatmawati memiliki 500 tempat tidur. Plt Direktur RSUP Fatmawati dr. Azhar Jaya mengatakan, pada Selasa (22/6), terdapat 233 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Saat ini, jumlahnya meningkat jadi 261 tempat tidur, atau sekitar 52 persen dari kapasitas tempat tidur di RSUP Fatmawati. Terdiri dari 110 tempat tidur ICU, dan 151 tempat tidur di ruang isolasi bertekanan negatif dan non negatif.

Baca juga : SKB Pedoman Implementasi UU ITE Resmi Diteken, Ini Isinya

''Kami harus meningkatkan tempat tidur menjadi 350 atau 70 perseb. Kami harapkan, awal Juli, sudah bisa meningkat sampai 350 tempat tidur,'' pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.