Dark/Light Mode

Hari Ini, Vaksinasi Booster Untuk Nakes Digelar Perdana Di RSCM, Menkes Optimis Cepat Rampung

Jumat, 16 Juli 2021 17:49 WIB
Tenaga kesehatan di RSCM menerima vaksinasi ketiga/booster,  Jumat (16/7). (Foto: Humas Kemenkes)
Tenaga kesehatan di RSCM menerima vaksinasi ketiga/booster, Jumat (16/7). (Foto: Humas Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Kementerian Kesehatan telah memulai penyuntikan vaksin booster untuk tenaga kesehatan, dengan menggunakan vaksin Moderna dari Amerika Serikat.

Vaksin Moderna, digunakan dalam vaksinasi ketiga/booster untuk tenaga kesehatan. (Foto: Humas Kemenkes)

 

Vaksinasi pertama dilakukan terhadap tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Jumat (16/7).

Baca juga : 1,5 Juta Vaksin Moderna Bantuan Dari Amerika Tiba Di Soetta

Sebanyak 50 Guru Besar FKUI dan sejumlah dokter mendapatkan vaksinasi di RS tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi ini ditinjau langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) dan Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono.

BGS menuturkan, yang divaksinasi pertama kali ini adalah para senior Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Hal ini diharapkan dapat diikuti oleh tenaga kesehatan lainnya, tanpa ragu.

Baca juga : Mayora Kirim Bubur Untuk Nakes Dan Pasien RSD Wisma Atlet

"Kalau para senior ini yakin untuk bisa menerima vaksin booster atau vaksin yang ketiga dengan Moderna ini, seharusnya para juniornya, murid-muridnya juga bisa mengikuti (divaksinasi) dengan segera. Para nakes harus segera diberikan booster yang ketiga, agar bisa terlindungi dan bekerja dengan lebih tenang,” kata BGS, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di RSCM, Jumat (16/7).

BGS menilai, pelaksanaan vaksinasi booster untuk tenaga kesehatan ini akan lebih mudah, mengingat tempat kerja mereka ada di fasilitas layanan kesehatan.

“Kebetulan nakes itu kan kerjanya di fasilitas kesehatan, jadi harusnya jauh lebih mudah. Saya lihat, dalam 7-8 minggu, sudah bisa selesai 1,5 juta. Saya harap, kali ini bisa lebih cepat selesai, karena  hanya satu kali suntik,” tutur BGS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.