Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pj Gubernur Kalsel Minta Vaksinasi Untuk Lansia Digelar Door to Door

Sabtu, 8 Mei 2021 22:57 WIB
Pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengusulkan pelaksanaan vaksinasi bagi warga lansia, dilaksanakan dengan mendatangi dari rumah ke rumah.

Hal itu disampaikan Safrizal saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di posko penumpang kapal laut , Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, bersama Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kalsel Muslim dan tim lainnya, Sabtu (8/5).

"Untuk mempercepat penyelesaian vaksinasi, saya harap petugas bisa mendatangi ke rumah warga, terutama yang telah lansia," kata Safrizal kepada Antara, Sabtu (8/5).

Baca juga : Demokrasi Indonesia Merosot

Menurut Safrizal, biasanya orangtua tidak bisa melakukan bepergian terlalu jauh. Sehingga, harus difasilitasi oleh tim kesehatan dengan mendatangi langsung ke tempat tinggalnya.

Selain itu, vaksinasi juga bisa dilaksanakan di posyandu desa dan lainnya, yang memudahkan para orang tua untuk mendapatkan dukungan kesehatan.

Di samping memudahkan para orang tua, diharapkan langkah tersebut, juga akan mempercepat penyelesaian target vaksinasi hingga Juni.

Baca juga : APPSI Harap Pemerintah Vaksinasi Seluruh Pedagang Pasar di RI

"All out kita harapkan vaksinasi selesai sampai Juni untuk layanan publik dan lansia," katanya.

Didampingi Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar dan Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar, Safrizal mengatakan, sasaran lansia di Kabupaten Tanah Bumbu lebih kurang 26 ribu. Sehingga kerja keras dan kerja bersama untuk bisa menuntaskan realisasi pencapaian target.

"Dari 26 ribu lansia di Tanah Bumbu, 30 persennya telah divaksin, saya harapkan sisanya sudah bisa diselesaikan hingga Juni," katanya.

Baca juga : Dekat Dengan Korporasi, Kalbis Institute Jadi Sentra Vaksinasi Di Wilayah Jaktim

Waka Satgas Nasional Penanganan COVID-19 ini mengatakan, Pemprov Kalsel berupaya mempercepat cakupan vaksinasi bagi golongan lanjut usia (lansia) dan layanan publik. Khusus untuk lansia, tambah dia, termasuk kelompok berisiko tinggi, yang apabila tertular COVID-19 justru akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Ditambahkan Safrizal, vaksin tahap II untuk lansia dan pelayanan publik juga sudah tersedia. "Vaksin siap, kita juga sudah mengunjungi gudang penyimpanan vaksin di kawasan perkantoran Pemkab Tanah Bumbu," katanya. Turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, Bupati Tanah Bumbu H Zairullah Azhar, Kepala Dinas Kesehatan Muslim dan yang lainnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.