Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pejabat Berlomba-lomba Kasih Bansos

Rakyat Senang Rakyat Tenang

Senin, 19 Juli 2021 07:40 WIB
Kapolri Jenderal Lisyo Sigit Prabowo memberikan paket sembako ke warga Serang, Banten, Minggu (18/7/2021). Kapolri dan Panglima TNI menyerahkan 15.000 bansos dan 458 ton beras di Banten. (Foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Lisyo Sigit Prabowo memberikan paket sembako ke warga Serang, Banten, Minggu (18/7/2021). Kapolri dan Panglima TNI menyerahkan 15.000 bansos dan 458 ton beras di Banten. (Foto: Humas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bantuan sosial (bansos) yang ditunggu-tunggu rakyat, akhirnya datang. Para pejabat, baik pusat maupun daerah berlomba-lomba kasih bansos ke rakyat. Presiden Jokowi bahkan ikut turun langsung mengantarkan bansos ke rumah-rumah warga. Kalau begini, rakyat senang dan juga tenang.

Pembagian paket bansos sebenarnya sudah dimulai saat Jokowi blusukan ke Sunter, Jakarta Utara, Kamis (15/7) malam. Di wilayah tersebut, Jokowi mengetuk satu per satu pintu rumah warga, berbincang sebentar lalu membagikan paket sembako berisi beras, mie instan, gula dan lain-lain, serta obat-obatan.

Agenda Jokowi blusukan itu seperti jadi penanda atau gong dimulainya program pembagian bansos di Tanah Air. Setelah itu, pembagian bansos mulai digelar di mana-mana dengan ujung tombak TNI/Polri.

Baca juga : Orang Miskin Tepuk Tangan

Pada Jumat (16/7) atau sehari setelah Jokowi blusukan malam-malam, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke Kota Bandung. Selain meninjau program vaksinasi, keduanya juga membagikan paket sembako kepada warga Paris van Java itu.

Sehari kemudian, Hadi dan Sigit berkeliling Pulau Jawa. Tiga provinsi dilahap sekaligus dalam sehari. Solo (Jawa Tengah), Yogyakarta, lalu ke Sidoarjo (Jawa Timur). Agendanya sama. Membagikan bansos dan memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Kemarin, Panglima dan Kapolri geser ke Banten, tepatnya ke kampung Kaujon Singandaru RT01/22, Kelurahan Serang, Banten. Di tanah para pendekar itu, Hadi dan Sigit mendatangi langsung rumah warga. Sigit ingin memastikan pendistribusian bansos tepat sasaran ke masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga : KPK Dalami Aliran Uang Korupsi Bansos Covid-19 Bupati Bandung Barat

Salah satu warga yang ditemuinya bernama Syantiah Rahmawati, 48 tahun. Perempuan paruh baya tersebut tidak bekerja karena mengalami kelumpuhan. Kepada Syantiah, Sigit lalu menyerahkan paket bansos dan masker.

“Nanti kalau habis bilang saja ke petugas yang lewat, nanti dibagi lagi,” pesan Sigit. Syantiah senang betul menerima bantuan tersebut. “Terima kasih Pak Kapolri,” jawab Syantiah, sembari meneteskan air mata.

Bukan hanya rumah Syantiah yang disambangi. Eks Kapolda Banten itu juga memberikan bansos kepada seorang janda Eneng Rahmah (70), Multi Ningsih (33) yang bekerja sebagai penjual ketoprak, dan Ayuni (40) seorang penjual bakso.

Baca juga : Sedihnya, Jakarta Terus Gali Kuburan

Selesai membagikan bansos, Sigit menginstruksikan kepada seluruh Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kapolsek dan Danramil untuk memapping kebutuhan masyarakat, jangan sampai ada yang kesulitan dan belum tersentuh bantuan sosial.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.