Dark/Light Mode

Pejabat Berlomba-lomba Kasih Bansos

Rakyat Senang Rakyat Tenang

Senin, 19 Juli 2021 07:40 WIB
Kapolri Jenderal Lisyo Sigit Prabowo memberikan paket sembako ke warga Serang, Banten, Minggu (18/7/2021). Kapolri dan Panglima TNI menyerahkan 15.000 bansos dan 458 ton beras di Banten. (Foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Lisyo Sigit Prabowo memberikan paket sembako ke warga Serang, Banten, Minggu (18/7/2021). Kapolri dan Panglima TNI menyerahkan 15.000 bansos dan 458 ton beras di Banten. (Foto: Humas Polri)

 Sebelumnya 
“Silakan dicek apabila kurang, ajukan lagi maka dari pusat nanti akan didistribusikan lagi,” ujar Sigit.

Dalam kesempatan itu, Polri mendistribusikan 458 ton beras dan 15.000 paket sembako untuk masyarakat Banten yang terdampak PPKM Darurat. Selain membagikan paket sembako, Kapolri juga meninjau Posko PPKM Mikro di Kelurahan Serang. Wilayah ini terdiri dari 27 RW dan 118 RT dengan jumlah penduduk sebanyak 26.914 jiwa.

Bukan hanya Kapolri yang bagi-bagi bansos. Kemarin, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memimpin pelaksanaan pembagian bantuan sosial (bansos) di Kota Depok, Jawa Barat. Bansos tersebut diberikan dalam masa PPKM Darurat kepada masyarakat yang terdampak pandemi

Baca juga : Orang Miskin Tepuk Tangan

Bansos tersebut akan menyasar pedagang kaki lima, ojek online (ojol), dan kelompok buruh harian lainnya. Tujuannya meringankan beban selama di masa pandemi Covid-19 dan dalam masa penerapan PPKM Darurat.

“Banyak saudara-saudara pedagang kecil, pengemudi ojol, pedagang kaki lima, kelompok-kelompok buruh harian yang menggantungkan nafkah kehidupannya dari kerja setiap hari. Sampaikan langsung bantuan sembako ini semoga bisa meringankan beban di masa pandemi, di masa PPKM Darurat,” ucap Fadil.

Bansos tersebut berisi beras, gula, susu, dan minyak. Petugas dari kepolisian akan membagikan bansos tersebut menyebar ke kampung-kampung kumuh, permukiman padat penduduk, serta warga lain yang terdampak PPKM Darurat. Selain itu, Fadil mengatakan, pihaknya akan terus menggalakkan kegiatan vaksinasi yang tersebar di seluruh wilayah Kota Depok.

Baca juga : KPK Dalami Aliran Uang Korupsi Bansos Covid-19 Bupati Bandung Barat

Selain bansos berupa paket sembako, hari ini warga DKI Jakarta juga akan menerima bansos tunai (BST) sebesar Rp 600.000. Dana tersebut merupakan BST untuk bulan Mei dan Juni.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, anggaran bansos akan ditransfer hari ini langsung ke rekening penerima di Bank DKI. Kata dia, total penerima bansos sebanyak 1.844.833 keluarga. Sebanyak 1 juta KK dibantu dari APBD DKI Jakarta atau sebesar Rp 604 miliar.

Sisanya (sekitar) 837 ribu (KK) itu melalui APBN Kemensos. Anies juga memastikan penyaluran bantuan sosial selain BST juga akan bergulir di DKI Jakarta. Penyaluran akan dilaksanakan bersama jajaran Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya. “Kita pastikan ini berjalan dengan baik mulai besok seluruh kegiatan akan berjalan termasuk pembagian beras mulai besok,” ujar Anies.

Baca juga : Sedihnya, Jakarta Terus Gali Kuburan

Warganet senang melihat para pejabat mulai berlomba-lomba membagikan bansos. Akun @axuxamuP menyebut, bansos tersebut semoga saja bisa meringankan beban rakyat yang sedang sulit cari nafkah di masa PPKM Darurat ini. “Bansos datang rakyat senang,” ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.