Dark/Light Mode

Soal Ibu Kota Baru, 4 Gubernur Nyatakan Kesiapan

Senin, 6 Mei 2019 15:33 WIB
Suasana diskusi soal pemindahan Ibu Kota, antara para gubernur dengan Kepala Bappenas di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (6/5) pagi. (Foto: Humas Setkab)
Suasana diskusi soal pemindahan Ibu Kota, antara para gubernur dengan Kepala Bappenas di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (6/5) pagi. (Foto: Humas Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat gubernur, yakni Gubernur Sulawesi Barat Andi Ali Baal Masdar, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili Pejabat Bappeda setempat Yusliando, menyatakan kesiapan daerahnya jika dipilih menjadi lokasi Ibu Kota RI yang baru.

Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Andi Ali Baal Masdar mengatakan, wilayahnya memiliki keunggulan dari sisi ketersediaan lahan yang dibutuhkan untuk membangun Ibu Kota baru. “Termasuk, daya dukung yang disyaratkan seperti ketersediaan air, bebas bencana, dan sebagainya,” kata Andi Ali, dalam diskusi yang diselenggarakan Kantor Staf Presiden (KSP) di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (6/5) pagi.

Baca juga : Syarat Ibu Kota Baru: Lokasinya Strategis, Punya Lahan Luas, dan Bebas Bencana

Senada dengan Gubernur Sulbar, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor yang hadir dalam diskusi itu, juga menyampaikan kesiapan daerahnya jika dipilih sebagai lokasi baru ibukota RI. Bahkan, ia  juga sudah menyiapkan lahan yang dibutuhkan, apabila Pemerintah Pusat menetapkan Kalsel sebagai calon ibukota baru.

“Kami membayangkan, seandainya ibukotanya ada di Kalsel, lokasinya nanti dilatarbelakangi oleh Pegunungan Meratus dan sekaligus dapat melihat pantai di kejauhan,” kata Sahbirin.

Baca juga : Lahan Lokasi Ibu Kota Baru Masih Dirahasiakan

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menjelaskan, wilayahnya memiliki semua prasyarat yang diminta oleh pemerintah pusat sebagai calon ibukota baru.“Kami sudah menyiapkan tiga kabupaten di Kalteng, yang memenuhi kriteria sebagai Ibu Kota  baru Republik Indonesia. Apalagi, dulunya Bung Karno pernah membayangkan masa depan Indonesia itu, Ibu Kotanya ada di Kalimantan Tengah,” kata Sugianto.

Kalimantan Timur (Kaltim) tak mau kalah. Pejabat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Yusliando, mengaku sudah menyiapkan wilayah pesisir timur Kalimantan sebagai calon unggulan apabila dipilih sebagai Ibu Kota negara yang baru. “Pilihan wilayah tersebut juga menegaskan Indonesia sebagai negara maritim,” papar Yusliando

Baca juga : Ibu Kota Dipindah, Komisi II Beri Dukungan Penuh

Semua kepala daerah itu juga menyatakan kerelaan dan kesiapannya, apabila wilayahnya tidak terpilih sebagai lokasi ibukota baru. Mengingat keputusan untuk menentukan lokasi ibukota baru tersebut adalah pilihan terbaik untuk Indonesia.

“Kami siap mendukung, apa pun keputusan Presiden Jokowi soal penetapan Ibu Kota baru. Apa pun itu, pasti merupakan keputusan yang terbaik,” ujar para gubernur tersebut kompak. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.