Dark/Light Mode

Turunkan Angka Penularan Dan Kematian

Kapolri Ajak Warga Terinfeksi Corona Mau Dirawat Di Isoter

Sabtu, 7 Agustus 2021 07:05 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek vaksinasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (6/8/2021). Kapolri mengingatkan warga untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di tempat yang sudah disiapkan pemerintah. (Foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek vaksinasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (6/8/2021). Kapolri mengingatkan warga untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di tempat yang sudah disiapkan pemerintah. (Foto: Humas Polri)

 Sebelumnya 
Sementara langkah selanjutnya adalah percepatan vaksinasi. Dia menuturkan, pada Agustus ada peningkatan distribusi secara bertahap agar akselerasi vaksinasi cepat tercapai. Ini dilakukan agar kesehatan masyarakat cepat pulih dan ekonomi kembali bergerak.

Sebagai informasi, ada 8 wilayah Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur saat ini se­dang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

“Perlahan-perlahan apabila bisa diperbaiki ada kelonggaran, sehingga aktivitas ekonomi kembali,” tutur mantan Kapolda Banten itu.

Baca juga : Kapolri Minta Warga Yang Kena Covid Dirawat Di Tempat Isolasi Terpadu

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menuturkan, ada tiga strategi yang digunakan untuk menekan angka Covid-19 di Kalimantan Timur.

Ketiganya, yakni melaksanakan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), pelaksanaan 3T (testing, tracing dan treatment), serta percepatan vaksinasi.

“Kalau ini dilaksanakan dengan baik dan masyarakat ikut dukung program ini, insya Allah Kaltim segera bebas dari Covid-19,” ujar Hadi.

Baca juga : Ridwan Kamil Dampingi Kapolri Dan Panglima Tinjau Vaksinasi Massal Buruh

Kegiatan vaksinasi massal yang dihadiri Panglima dan Kapolri ini merupakan kegiatan vaksinasi massal ketiga yang dilaksanakan. Sebelumnya juga dilaksanakan pada 24 Juli 2021 dan 26 Juli 2021, dan telah berhasil memvaksinasi 5.042 orang.

Rinciannya, pada 24 Juli 2021 sebanyak 2.173 orang disuntik dosis 1 dan tanggal 26 Juli 2021 sebanyak 2.869 orang disuntik dosis 2.

Sasaran vaksinasi kali ini adalah 3.600 orang yang terdiri dari masyarakat umum, pelayanan publik, komunitas usaha, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, lansia dan penyandang disabilitas.

Baca juga : Turunkan Angka Kematian, Pemerintah Siapkan 49 Ribu Bed Isolasi Terpusat Di Jawa Bali

Stok vaksin yang dipersiapkan dalam kegiatan ini sebanyak 3.600 dosis jenis Sinovac yang berasal dari Polri 2.000 dosis dan TNI 1.600 dosis. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.