Dark/Light Mode

Jika Pandemi Terus Berlanjut

Pemerintah Siapin Antisipasi Prokes

Rabu, 11 Agustus 2021 08:20 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto: BPMI Biro Pers)
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto: BPMI Biro Pers)

 Sebelumnya 
Budi berharap, dengan pilot project tersebut, protokol kesehatan tidak hanya dimiliki oleh pemerintah tetapi juga masyarakat dalam beraktivitas. “Jadi, pengawasan lebih efektif karena dilakukan asosiasi bersama pemerintah,” harap dia.

Selain roadmap prokes, menurut mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero) itu, pemerintah juga terus meningkatkan infrastruktur bagi sistem testing dan tracing.

Baca juga : Komisi VI DPR: Pemerintah, Ayo Bangkitkan Optimisme Rakyat

“Sistem testing dan tracing yang lebih agresif akan ditingkatkan di seluruh pelosok Nusantara, dengan dukungan dan bantuan dari TNI dan Polri,” tegasnya.

Hal lain yang juga digenjot, yakni pelaksanaan vaksinasi di wilayah aglomerasi Jawa-Bali. “Minimal 70 persen di akhir September,” imbuh mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu.

Baca juga : Anies: Kalau Salah Jalan, Bisa Celaka

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, dalam proses pengendalian Covid-19, pemerintah tidak bisa bergerak sendirian tanpa keterlibatan serta kesadaran masyarakat.

Masyarakat diharapkan memiliki kesadaran tinggi untuk berperan penuh dan terus menjaga prokes.

Baca juga : Senayan Minta Pemerintah Tertibkan LSM Asing Ilegal

Luhut menegaskan, ada 3 pilar utama dalam hal penanganan pandemi Covid-19. Pertama, peningkatan cakupan vaksinasi secara cepat. Kedua, penerapan 3T yang tinggi. Dan ketiga, kepatuhan prokes, terutama penggunaan masker.

“Mari kita patuhi ini semua. Jangan sampai perbaikan yang sudah kita capai susah payah menjadi sia-sia,” imbau Luhut. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.