Dark/Light Mode

Penurunan Harga Tes PCR Bantu RI Cepat Keluar Dari Pandemi Covid-19

Selasa, 17 Agustus 2021 11:20 WIB
Menkominfo, Johnny G Plate (Foto: Instagram)
Menkominfo, Johnny G Plate (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Dalam pernyataannya, Dirjen Abdul Kadir juga menyebutkan, harga tes PCR sebelumnya cukup tinggi karena unit cost disesuaikan dengan harga bahan-bahan yang diperlukan. Di awal pandemi, harganya cukup tinggi.  

Aturan batas harga tertinggi pemeriksaan RT-PCR yang berlaku mulai 17 Agustus 2021 ini, akan dituangkan dalam Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan.

Baca juga : Wakil Ketua MPR Minta Industri Farmasi Sensitif

Batas harga tertinggi tes PCR di luar Jawa-Bali berbeda dengan di Jawa-Bali, karena memperhitungkan variabel biaya transportasi.

Pengawasan dan pembinaan terhadap unit-unit pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan layanan tes PCR akan dilakukan oleh dinas kesehatan wilayah masing-masing.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Keterlibatan Swasta Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Menteri Johnny menambahkan, bila tes PCR semakin murah dan cepat, tentu akan mempermudah masyarakat yang memerlukan.

“Perlindungan kesehatan rakyat semasa pandemi Covid-19 selalu menjadi prioritas utama. Semoga, kebijakan baik ini dapat memotivasi lebih banyak warga untuk bersikap proaktif melakukan tes secara mandiri. Sehingga, pada akhirnya Indonesia lebih cepat pulih dari pandemi,” tandas Johnny.

Baca juga : Kepala Daerah Kader Golkar Terus Kerja Keras Tangani Covid-19

Menkominfo juga mengharapkan dukungan dan kerja sama segenap pihak, agar mematuhi kebijakan baru yang ditetapkan. Supaya makin banyak rakyat dapat mengakses tes PCR, dan hasil tes dapat diketahui dengan lebih cepat. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.