Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jokowi Ke Kepala Daerah: Kalau Vaksin Datang, Cepat Habiskan!

Kamis, 19 Agustus 2021 13:43 WIB
Presiden Jokowi didampingi Kepala BIN Budi Gunawan meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8). (Foto: Dok. BIN)
Presiden Jokowi didampingi Kepala BIN Budi Gunawan meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8). (Foto: Dok. BIN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menginstruksikan kepada semua kepala daerah untuk gerak cepat alias gercep dalam melakukan vaksinasi. Kalau stok vaksin yang dikirim pemerintah pusat sudah sampai, segera suntikkan ke masyarakat sampai habis.

"Saya minta ke Pak Bupati, kalau datang vaksin langsung habiskan. Setelah itu minta lagi. Agar segera terjadi kekebalan komunal, sehingga kita bisa terproteksi, terlindungi dari Covid-19," ujar Jokowi, saat meninjau vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) bagi pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8), seperti dikutip Antara.

Berita Terkait : Jokowi Tinjau Vaksinasi Dan Pabrik Porang Di Jawa Timur

Kepala Negara meminta para kepala daerah tidak perlu bingung dengan stok vaksin. Sebab, Pemerintah menjamin ketersediaan vaksin yang dibutuhkan daerah. "Karena vaksin kita, mulai minggu-minggu ini akan datang banyak sekali. Jadi, kalau vaksinnya datang, segera dihabiskan dan minta lagi," tegas Jokowi.

Peninjauan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di SMPN 3 Mejayan ini merupakan agenda kerja pertama Jokowi ke Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Pada kesempatan itu, Jokowi juga melakukan konferensi video dengan peserta vaksinasi pelajar di sejumlah provinsi lain.

Berita Terkait : Warga DKI Ingin Cepat Merdeka Dari Pandemi

Dalam konferensi video itu, Jokowi mengingatkan semua pihak untuk terus berhati-hati. Sebab, Covid-19 selalu bermutasi. 

“Saya minta kepada anak-anak tetap belajar daring. Tapi, nanti kalau sudah tiba tatap muka, pakai masker jangan dilupakan," pesan mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Berita Terkait : Kepala Daerah Kader Golkar Terus Kerja Keras Tangani Covid-19

Setelah kegiatan di SMP Negeri 3 Mejayan, Jokowi menuju Gang Kampung Pesilat, Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, untuk meninjau vaksinasi door to door bagi masyarakat. Jokowi juga diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se-Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun.

Agenda terakhir dalam kunjungan kerja dia di Kabupaten Madiun adalah mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac. Pada kesempatan yang sama, Presiden juga akan melakukan peletakan batu pertama perluasan pabrik dan berdialog bersama para petani porang. [USU]