Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan Telemedicine, Wapres: Pelayanan Kesehatan Harus Lebih baik

Sabtu, 21 Agustus 2021 15:45 WIB
Wapres, Maruf Amin
Wapres, Maruf Amin

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres), Maruf Amin mendorong seluruh rumah sakit diminta untuk mengembangkan inovasi layanan telemedicine yang dapat memudahkan masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Wapres dalam pidatonya di acara Muktamar V Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi), secara daring dari Jakarta, Sabtu (21/8).

"Pada masa pandemi, rumah sakit secara umum dituntut untuk beradaptasi dan melakukan berbagai inovasi dalam pelayanan kesehatan, termasuk menyediakan pelayanan telemedicine," kata Wapres.

Baca juga : Kementan Prioritaskan Kesejahteraan Peternak Lewat Stabilisasi Perunggasan

Dengan menggunakan layanan telemedicine tersebut, lanjut Wapres, masyarakat dan tenaga kesehatan tetap mendapatkan keamanan dalam melakukan pengobatan atau rawat jalan.

Telemedicine adalah salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh rumah sakit, antara lain dengan memanfaatkan peran teknologi informasi guna mendukung upaya untuk mengurangi risiko penularan.

Dengan menggunakan layanan telemedicine, angka penularan kasus Covid-19 dapat ditekan karena tidak ada kontak langsung antara pasien dengan tenaga kesehatan.

Baca juga : Raisa Libatkan Anak Dalam Kegiatan Sehari-hari

Wapres mengatakan, bahwa kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung 1,5 tahun memberikan dampak sangat besar terhadap fasilitas kesehatan di Indonesia.

Dampak yang terasa di sektor fasilitas kesehatan tersebut, ialah tingginya rasio okupansi tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) serta banyaknya tenaga kesehatan terinfeksi Covid-19.

Selain itu, juga beban kinerja manajemen rumah sakit yang dihadapkan pada tuntutan pelayanan yang serba cepat dan darurat. “Selain adanya risiko komplain dan tuntutan hukum terhadap rumah sakit," kata Wapres dikutip Antara.

Baca juga : Kementan Dorong Puskeswan Optimalkan Layanan Kesehatan Hewan

Oleh karena itu, Wapres meminta rumah sakit, baik umum maupun syariah, memberikan pelayanan kesehatan dengan cepat, tepat, dan tetap menjaga mutu pelayanan"Pelayanan yang bermutu diharapkan dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian," ujarnya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.