Dark/Light Mode

Edukasi Pegiat Medsos, Aptika Kominfo Dan DPR Gelar Webinar Literasi Digital

Rabu, 1 September 2021 20:07 WIB
Anggoga Komisi I DPR Hillary Brigitta Lasut saat menjadi pembicara dalam Webinar Literasi Digital Kominfo dengan tema Pemanfaatan Media Massa Untuk Pembentukan Citra Positif Lembaga, Rabu (1/9). (Foto: Zoom)
Anggoga Komisi I DPR Hillary Brigitta Lasut saat menjadi pembicara dalam Webinar Literasi Digital Kominfo dengan tema Pemanfaatan Media Massa Untuk Pembentukan Citra Positif Lembaga, Rabu (1/9). (Foto: Zoom)

 Sebelumnya 
Menurut Survei Kompas, citra TNI naik hingga 94 persen. Sedangkan citra DPR menjadi yang terendah. "Dari survei tersebut, kita bisa ambil kesimpulan bahwa membangun citra positif lembaga haruslah berdasarkan kinerja dan juga manfaat yang dirasakan oleh stakeholder lain," tuturnya.

Dia mencontohkan, DPR selalu mendapatkan citra negatif di tengah anggota masyarakat. "Harus ditelusuri apakah anggota DPR itu berkinerja buruk secara personal atau kolektif," imbuh Jakfar.

Baca juga : Mulai Besok, Kereta Bandara Soetta Dan Kualanamu Beroperasi Kembali

Pembicara terakhir, Drs.Engelbertus Tatibi memaparkan, saat ini media massa masih penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Media massa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Kemudahan akses dalam mendapatkan informasi menjadi alasan masyarakat untuk lebih memilih media massa dalam mencari berbagai informasi yang dibutuhkan.

Baca juga : Wamenag Minta Pengusaha Muslimah Kuasai Literasi Digital

Dijelaskannya, karakteristik media massa terbagi menjadi lima, yaitu bersifat melembaga, bersifat satu arah, meluas dan serempak, memakai peralatan teknis dan mekanis, dan bersifat terbuka.

Untuk membentuk citra di media massa dan mendapatkan kepercayaan publik, perusahaan atau lembaga harus dikenal terlebih dahulu oleh masyarakat.

Baca juga : Satukan 3 Peradi, Otto Hasibuan Usul Gelar Munas Bersama

Dari berbagai pemaparan pembicara, moderator Acara Webinar Literasi Digital Aptika Kominfo menyimpulkan, perkembangan teknologi digital berkembang begitu cepat.

Saat ini hanya dengan mengakses hp atau gadget kita sudah dapat mengakses berbagai macam informasi melalui media massa khususnya media digital seperti website, media online dan blog. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.