Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mantapkan Komitmen Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi, Jokowi Terima Mendag UEA

Jumat, 3 September 2021 13:01 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto: YouTube)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Persatuan Uni Emirat Arab (UEA) Thani bin Ahmed Al Zeyoudi di Istana Merdeka.

Dalam keterangan pers virtual yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kunjungan ini memberikan nilai strategis dan mencerminkan komitmen kedua negara  untuk meningkatkan perdagangan dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Baca juga : Industri Hulu Migas Bantu Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

Bersama Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan Luar Negeri UEA meluncurkan Indonesia-UEA Comprehensive Economic Parnertship Agreement (CEPA).

"Presiden menyambut baik peluncuran perundingan Indonesia-UEA CEPA, dan sudah dilakukannya putaran pertama perundingan. Presiden berharap, perundingan ini dapat dilakukan atau dapat diselesaikan kurang dari 1 tahun. Sehingga, dalam beberapa bulan ke depan, dapat diperoleh hasil perundingan mencapai progress yang cukup signifikan," jelas Retno.

Baca juga : Pejabat Egois, Pandemi Sulit Terkendali

Sejauh ini, perdagangan antara Indonesia dan UEA masih dapat ditingkatkan lebih banyak lagi, karena angka perdagangan baru mencapai 2,9 miliar dolar AS.

Retno menuturkan, Presiden mengharapkan adanya kemajuan sigfinikan terhadap kerja sama Indonesia-UEA untuk sovereign wealth fund (SWF) Indonesia.

Baca juga : Bantu Pulihkan Ekonomi, Parfum Inoku Ajak Masyarakat Wirausaha Mandiri

Presiden juga menyampaikan penghargaan, atas dukungan UAE terhadap Indonesia selama pandemi. Antara lain, berupa sumbangan 750 ribu dosis vaksin Sinopharm.

"Isu kerja sama dalam konteks kesehatan akan menjadi salah satu prioritas kerja sama antara kedua negara," tutup Retno. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.