Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pandemi Covid Bakal Jadi Endemi

Pemerintah Minta Masyarakat Disiplin Masker Dan Jalankan Vaksinasi

Jumat, 3 September 2021 13:46 WIB
Masker dan vakainasi,  paket ikhtiar hidup berdampingan bersama Covid-19. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Masker dan vakainasi, paket ikhtiar hidup berdampingan bersama Covid-19. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kebiasaan baru, dengan tetap menggunakan masker dan melakukan vaksinasi. Sebagai bagian persiapan menuju tatanan kehidupan baru yang berdampingan dengan Covid-19.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) serta banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, bersepakat bahwa pandemi tidak akan segera berakhir.

Oleh karena itu, warga dunia harus siap untuk hidup bersama Covid-19 dalam jangka panjang. Terlebih, para ilmuwan juga sudah memprediksi potensi pandemi menjadi endemi atau penyakit yang selalu ada di populasi atau wilayah tertentu.

Baca juga : Kapolri Minta Jajarannya Bantu Masyarakat Dan Gelorakan Prokes-Vaksin

“Langkah transisi dan adaptasi mesti mulai kita persiapkan untuk era gaya hidup baru tersebut, yaitu gaya hidup sehat meski berdampingan dengan Covid-19,” tegas Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Seiring membaiknya situasi penanganan Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah melakukan pembukaan kembali kegiatan sosial dan ekonomi. Agar penyesuaian tersebut tidak memicu kenaikan kasus seperti yang terjadi di negara lain, maka penegakan protokol kesehatan harus tetap dilakukan.

“Terutama, melakukan vaksin dan menggunakan masker. Keduanya menjadi satu paket ikhtiar setiap individu untuk bisa hidup sehat berdampingan dengan Covid-19. Dengan bermasker dan sudah divaksin, masyarakat bisa bekerja, belajar, berolahraga, beribadah, dan melakukan berbagai kegiatan di mana saja dengan lebih aman,” tutur Johnny.

Baca juga : Pemerintah Kebut Sekolah Tatap Muka Di Wilayah PPKM 1-3, Demi Tekan Learning Loss

Pulihnya perekonomian sejalan dengan kembali bergeliatnya aktivitas masyarakat seperti sebelumnya, kini menjadi harapan semua orang.

Dalam hal ini, pemerintah selaku pemangku kebijakan sangat membutuhkan partisipasi masyarakat. Agar pandemi dapat dikendalikan.

“Masyarakat memiliki kesempatan berkontribusi menurunkan kondisi pandemi. Utamanya, dengan disiplin bermasker dan siap divaksin. Ini adalah upaya dari kita, oleh kita, dan untuk kita juga," papar Johnny.

Baca juga : Gus Jazil Dorong Pemerintah Percepat Distribusi Vaksin Ke Daerah

"Dengan ikhtiar ini, semoga dampak Covid-19 dapat ditekan dan kita tak perlu berlakukan lagi darurat PPKM. Ekonomi pun tetap jalan tanpa mengabaikan prioritas kesehatan,” pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.