Dark/Light Mode

Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Tak Cukup Dengan Bansos

Jumat, 3 September 2021 15:12 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (berbatik) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) mengecek pembangunan wilayah kumuh dengan program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh), di Solo, Kamis (2/8). (Foto: Dok. Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy (berbatik) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) mengecek pembangunan wilayah kumuh dengan program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh), di Solo, Kamis (2/8). (Foto: Dok. Kemenko PMK)

 Sebelumnya 
Muhadjir mengapresiasi pembangunan Kotaku di Kawasan Semanggi, Solo. Menurutnya, upaya pengentasan wilayah kumuh itu akan dijadikan model percontohan untuk penanganan wilayah kumuh perkotaan di tempat lain. 

"Nanti Pak Wali akan terus melanjutkan relokasi. Tempat itu akan dibikin jalur hijau dan rumah-rumahnya akan dibangun yang lebih layak huni sampai tahun depan. Stafnya Pak Menteri PUPR sudah jamin sampai tahun depan selesai," tuturnya. 

Baca juga : Kemendes PDTT Siapkan 5 Strategi Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem

Dalam kesempatan itu, Muhadjir bersama Gibran juga mengecek Rusunawa Semanggi. Rencananya, Rusunawa yang dibangun Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo ini akan dirobohkan oleh Gibran dan dibangun ulang karena kondisi bangunannya sudah tidak layak huni. 

"Kebijakan ini sangat bagus. Karena bangunan ini sudah tidak layak untuk dihuni. Sangat berbahaya karena sudah ada korosi. Saya dukung," ujar Muhadjir. 

Baca juga : Kemnaker Perkuat Sinergitas Ketenagakerjaan Dengan SPB

Selain itu, Muhadjir juga mengecek penataan ulang wilayah kumuh bagi 569 warga kurang mampu di lahan hak pakai (HP 001) Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasarkliwon. Pembangunan itu sebagai komitmen Pemkot Solo dalam menata kawasan kumuh, sekaligus menjadi proyek percontohan tingkat nasional. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.