Dark/Light Mode

Dipastikan Menkes

Varian Lambda, Mu Dan C.1.2 Belum Ditemukan Di Indonesia

Senin, 13 September 2021 23:00 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Patra/RM)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Patra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberi kabar gembira soal desas-desus varian baru Covid-19. Menkes memastikan, varian-varian Covid-19 yang menjadi perhatian dunia saat ini, yakni Lambda, Mu dan C.1.2, belum ditemukan di Indonesia.

"Ketiga varian ini, baik varian Lambda, varian Mu, maupun varian C.1.2 belum ada di Indonesia," ujar Menkes, saat saat konferensi pers perpanjangan PPKM, Senin (13/9), seperti dikutip Antara.

Berita Terkait : Gibran Untuk Gubernur DKI Bukan Mission Impossible

Budi menjelaskan, varian Lambda pertama kali ditemukan di Peru pada Desember 2020. Kini, varian itu sudah tersebar di 42 negara. Sedangkan varian Mu pertama kali muncul di Kolombia pada Januari 2021, dan sudah tersebar di 49 negara. Sedangkan C.1.2 ditemukan di Afrika Selatan pada Mei 2021 dan telah menyebar ke sembilan negara.

Ketiga varian baru ini, kata dia, sedang dalam penelitian tim ahli perihal bagaimana perilakunya, laju penularan, dan apakah bisa menghindar dari antibodi yang terbentuk secara natural atau vaksinasi. "Dan sampai sekarang, memang belum ada hasil riset yang pasti. Tetapi ketiga varian ini belum ada di Indonesia," kata Budi.

Berita Terkait : KBRI Manama Fasilitasi Vaksinasi PMI Dan ABK Indonesia

Agar ketiga varian virus ini tidak masuk ke Indonesia, Pemerintah memperkuat seluruh pintu masuk negara dengan memperketat proses karantina. Baik melalui jalur udara, laut maupun darat. [USU]