Dark/Light Mode

PLTA Saguling Sokong Beban Puncak Sistem Kelistrikan Jawa-Bali

Jumat, 17 September 2021 13:54 WIB
Waduk Saguling. (Foto: wikipedia)
Waduk Saguling. (Foto: wikipedia)

 Sebelumnya 
Pernyataan Wanhar ini senada dengan paparan Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, Bali PT PLN (Persero) Haryanto WS dan Direktur Utama PT Indonesia Power Ahsin Sidqi dalam kesempatan yang sama. Pemerintah terus mendorong pengembangan EBT untuk mencapai target 23 persen pada 2025.

Dalam pengembangan EBT, PLTA Saguling memiliki konstribusi sebesar 2 persen dari total pembangkit EBT jenis hidro (4,53 persen) yang terhubung dengan sistem jaringan 500 kV Jawa-Bali.

Baca juga : PLN Menerjang Ombak Demi Melistriki Kepulauan Masaloka Raya

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi VII DPR Maman Abdurrahman menyebut kunjungan kerja ini dilakukan untuk melakukan tugas konstitusi dalam rangka pengawasan.

"Saya ingin membangun paradigma atau sudut pandang baru dalam melihat pengawasan. Yang awalnya simbolik, menjadi problem solver. Setiap institusi pasti punya masalah. Kami di Komisi VII hadir untuk menjembatani bottle neck. Apa yang jadi masalah, sampaikan ke kami. Itu semangatnya, biar sama-sama satu frekuensi," ujar Maman.

Baca juga : Samin Tan Bebas Jadi Amunisi Eni Ajukan PK

Pada tahun 2021, PLTA Saguling yang dioperasikan PT Indonesia Power memiliki target untuk menjadi penyedia bahan baku cofiring dari gulma eceng gondok yang selama  ini tidak dimanfaatkan. Ini dilakukan untuk mencegah pendangkalan pada waduk dan juga mendukung pelaksanaan confiring pada PLTU.

Program Biomass Operating System of Saguling (BOSS) tersebut merupakan program unggulan PT Indonesia Power dalam mewujudkan program "Saguling Clean" yaitu waduk Saguling yang bersih dari sampah dan gulma encemg gondok

Baca juga : Samin Tan Divonis Bebas, Jaksa KPK Ajukan Kasasi

Kunjungan kerja ke PLTA Saguling dihadiri oleh perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PT PLN (Persero), PT Indonesia Power, Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, dan pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.