Dark/Light Mode

Sandi Dikasih Tau Menkes

Gelombang 3 Covid Akan Mampir Ke Sini

Senin, 4 Oktober 2021 07:40 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: Istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Tak hanya tempat wisata, Sandi mengatakan pihaknya sudah punya panduan berkaitan dengan rencana pembukaan pagelaran konser besar. Sandi menyebutkan, pemerintah sebetulnya sudah memberikan pelonggaran-pelonggaran di daerah yang memiliki status level 2-3 untuk menggelar konser. Ia menyontohkan, di mana Bromo Jazz Festival telah berhasil digelar.

Beberapa bulan ke depan kata dia, akan ada drive in konser yang akan dilaksanakan pada November dan Desember 2021 mendatang.

Baca juga : Gerakan Politik Hijau, PDIP Sumbang Kendaraan Sampah Di Depok

“Kita sudah terbitkan panduannya untuk konser, teman-teman event organizer sudah mengajukan beberapa dan kita bantu kurasi, bantu fasilitasi dengan Pemprov DKI dan Pemprov provinsi kabupaten/kota lainnya,” katanya.

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, serangan gelombang ketiga memang akan datang cepat atau lambat. Kapan datangnya tergantung seberapa efektif dalam menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kalau penerapan PPKM berjalan efektif, prediksi kedatangan serangan ketiga akan mundur.

Baca juga : Bank Mandiri Fokus Kembangkan SDM Mandirian Dan Sahabat Difabel

Dicky mengatakan belum semua daerah bisa menggelar acara berskala besar seperti konser dan festival. Menurutnya, pelonggaran tersebut bisa dilakukan di daerah yang memiliki fondasi kuat seperti strategi 3T (testing, tracing, treatment) serta cakupan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap yang sudah lebih dari 60 persen.

Keputusan pelonggaran ini, kata dia, harus betul-betul dilakukan selektif, bertahap dan juga diukur secara berkala karena tidak semua memiliki fondasi yang kuat. “Walaupun data angka absolut seperti test positivity rate atau reproduksi efektif itu menunjukkan perbaikan, tetapi tidak semua daerah memiliki fondasi yang kuat terhadap timbulnya atau dihasilkannya angka absolut itu,” kata Dicky, kemarin.

Baca juga : Fumio Kishida Bakal Main Keras Ke China

Menurutnya, pemerintah harus belajar dari pengalaman negara lain dalam menangani serwngna ketiga Corona. Ia mencontohkan Singapura yang cakupan vaksinasi dosis penuhnya sudah mencapai 82 persen, dan strategi 3T sangat kuat masih bisa menemukan banyak kasus di tengah masyarakat. Ia pun mengingatkan, berbagai perbaikan situasi pandemi di Indonesia tidak bisa dengan segera dilakukan berbagai pelonggaran. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.