Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Luncurkan Aplikasi BELA, KSP Jadi Percontohan Smart Government

Rabu, 6 Oktober 2021 19:47 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meresmikan platform digital bernama Beranda Layanan (BELA) KSP di Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (6/10). (Foto: KSP)
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meresmikan platform digital bernama Beranda Layanan (BELA) KSP di Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (6/10). (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meresmikan peluncuran platform digital bernama Beranda Layanan (BELA) KSP. Melalui aplikasi ini, diharapkan mampu mendongkrak performa kerja di lingkungan kantor pemerintahan, terutama KSP.

Aplikasi Bela KSP ini juga digadang-gadang menjadi Mega Apps untuk seluruh layanan yang menandai transformasi digital dalam ekosistem smart office di KSP.

"KSP menjadi role model untuk smart government office bagi kementerian dan lembaga lain. Pemanfaatan teknologi ini akan mempercepat dan mengefektifkan pekerjaan pemerintah," kata Moeldoko saat acara peluncuran di Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (6/10).

Baca juga : BRI Catat Kelebihan Permintaan 1,53 Persen

Moeldoko berharap, pilot project KSP ini mampu membuahkan respon yang positif. Ke depan, fitur pelayanan dalam aplikasi ini juga harus dikembangkan.

Purnawirawan Jenderal TNI tersebut juga mengatakan, transformasi digital ini adalah kebijakan visioner karena masyarakat membutuhkan kecepatan. Oleh karenanya, cara-cara lama harus ditinggalkan.

"Ini adalah kekuatan yang ada di depan kita. Kita sudah punya banyak kesempatan untuk melakukan transformasi digital ini karena pemerintah sudah membangun banyak infrastruktur pendukung," lanjutnya.

Baca juga : DPR Berikan Apresiasi Kepada Pemerintah Papua Dan Papua Barat

Moeldoko juga berharap, transformasi digital ini mampu memonitor semua kegiatan di lingkungan KSP sehingga menciptakan lingkungan kerja yang transparan.

Mega aplikasi Bela KSP setidaknya memiliki 6 fitur layanan yang dapat diakses melalui Android maupun iOS. Enam fitur tersebut adalah pemesanan ruang rapat, pemesanan jamuan rapat, time tracker kepegawaian, pelayanan teknologi informatika, katalog data, dan katalog aplikasi.

Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa kementerian dan lembaga yang memberikan beberapa informasi terkini mengenai berbagai isu.

Baca juga : Sikapi Warga Sampaikan Aspirasi, Kapolri Perintahkan Polisi Humanis

"Selanjutnya kami juga akan menambahkan fitur-fitur lain. Seperti misalnya hak keuangan dan pemeliharaan kendaraan, informasi seputar kegiatan, dan bahkan informasi ringan seperti e-commerce di lingkungan kantor, undangan hajatan salah satu pegawai kantor dan lain-lain," tambah Kepala Sekretariat KSP Yan Adikusuma. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.