Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tetap Waspada Dan Disiplin Prokes

Jangan Sampai Lonjakan Kasus Negara Tetangga Menulari Kita

Kamis, 14 Oktober 2021 07:20 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi. (Foto: BNPB)
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan (prokes), meski pandemi Covid-19 mulai terkendali. Jangan sampai, kelalaian menyebabkan kasus Corona di negara tetangga menular ke Indonesia.

Diketahui, negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, juga Australia, tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi mengatakan, perilaku disiplin mematuhi prokes menjadi salah satu kunci utama keberhasilan penanganan pandemi.

Baca juga : Jokowi: Kita Jangan Cuma Jadi Tukang Gali Dan Tukang Tangkap Ikan

“Kita harus tetap waspada. Jangan sampai terjadi gelombang ketiga atau lonjakan kasus seperti kemarin,” ujar Sonny saat diskusi virtual, kemarin.

Angka kasus aktif Covid-19 Tanah Air saat ini sudah menurun sekitar 95,74 persen dari puncaknya, pada Juli. Penurunan kasus ini terus konsisten selama 11 minggu. Malah, pada pekan terakhir terjadi penurunan kasus aktif sekitar 8.446. “Jadi sangat rendah,” imbuhnya.

Tetapi diingatkannya, Badan Kesehatan Dunia alias World Health Organization (WHO) belum mencabut status pandemi. “Tetap ada risiko penularan,” wanti-wanti Sonny.

Baca juga : Cegah Lonjakan Kasus, Pemerintah Perketat Syarat Kedatangan Internasional Di Bali

Sementara, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting mengatakan, strategi pengendalian Covid-19 di Indonesia yang menekankan pada penanganan dari hulu hingga hilir menunjukkan hasil positif. Meski demikian, pemerintah tak henti mengingatkan masyarakat tetap waspada. Soalnya, virus Corona masih ada.

Pelaksanaan tiga pilar pengendalian Covid-19 juga terus dilakukan sebagai upaya untuk memastikan pandemi tetap terkendali.

Tiga pilar tersebut adalah penerapan prokes memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, (3M), percepatan vaksinasi serta penguatan testing, tracing, treatment (3T) di lapangan.

Baca juga : "Kasus Saya Ditangani Tim Taliban…"

“Prokes menjadi bagian dari kehidupan kita, sampai pandemi kelak dicabut. Selain itu, masih ada tugas untuk meningkatkan cakupan vaksinasi agar tidak ada yang tertinggal, termasuk kaum disabilitas dan lansia,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.