Dark/Light Mode

Datangi Langsung Korban Kebakaran

Erick Thohir Dapat Gelar Dulur Baduy

Kamis, 21 Oktober 2021 07:50 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dipakein ikat kepala saat prosesi pemberian gelar Dulur Baduy, di Saung Adat Baduy yang berlangsung di Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, Rabu (20/10/2021). (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir dipakein ikat kepala saat prosesi pemberian gelar Dulur Baduy, di Saung Adat Baduy yang berlangsung di Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, Rabu (20/10/2021). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut dia, gelar Dulur Baduy ke Erick berawal dari firasat yang datang melalui tokoh-tokoh adat Baduy. Lalu firasat yang datang itu dibawa ke dalam musyawarah di antara tokoh dan Jaro Adat Baduy. “Yang akhirnya menyepakati agar diberikan gelar Dulur Baduy pada Pak Erick,” katanya.

Relawan Banten Berakhlak, Arif Kirdiat, yang memandu jalannya proses adat tersebut mengatakan, peristiwa ini baru pertama kali terjadi. Tiga Jaro Adat Baduy Dalam secara khusus membawa amanah untuk bertemu Erick untuk menyerahkan Golok Sulangkar dari tetua adat Baduy Dalam yang diserahkan oleh Ayah Kemik, Punggiwa Baduy Dalam.

Baca juga : Erick Thohir Dianugerahi Gelar Adat Dulur Baduy

Erick mengucapkan terima kasih atas kepercayaan suku Baduy yang memberinya gelar Dulur Baduy. Menurut Erick, perasaan saat dianugerahi gelar Dulur Baduy sama dengan perasaannya ketika dirinya diminta menjadi Menteri BUMN.

Lalu Erick bercerita, saat diminta menjadi Menteri BUMN, ia sadar besarnya tanggung jawab yang diemban, sebab sepertiga perekonomian Indonesia adalah BUMN.

Baca juga : Ancaman Erick Thohir Nggak Kaleng-kaleng

“Tentu pikiran dan tenaga saya harus memfokuskan tanggung jawab sebagai Menteri BUMN. Perasaan ini sama ketika saya digelari Dulur Baduy, tentu ini juga harus dipertanggungjawabkan semaksimal mungkin,” ujar Erick.

Erick melanjutkan, setelah menerima gelar Dulur Baduy dirinya akan mengimplentasikan nilai-nilai suku Baduy. Menurut dia, jika dilihat, intisari dari Suku Baduy adalah menjaga, melestarikan alam.

Baca juga : Eks Bupati Kukar Rita Widyasari Jadi Saksi

“Tentu ini harus saya wujudkan agar menjaga dan melestarikan alam. Baik itu saya sebagai individu, atau sebagai Menteri BUMN. Tentu, BUMN harus menjadi perusahaan yang mampu menjaga alam Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya, Erick bertolak menuju Kampung Cipak Huni untuk mengunjungi pengungsian korban kebakaran yang menimpa belasan rumah warga Baduy. Erick berjanji untuk membangun kembali pemukiman bagi warga Baduy yang rusak dan hangus terbakar. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.