Dark/Light Mode

Catat Kenaikan Kasus Dalam Sepekan Terakhir, 43 Kabupaten/Kota Di Jawa Bali Bakal Diintervensi

Senin, 8 November 2021 20:31 WIB
Catat Kenaikan Kasus Dalam Sepekan Terakhir, 43 Kabupaten/Kota Di Jawa Bali Bakal Diintervensi

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, penerapan PPKM yang terus dilakukan dan dievaluasi oleh pemerintah setiap minggunya  memberikan dampak yang tetap terkendali dan terus membaik.

Hal ini dapat terlihat dari situasi pandemi Covid-19, yang terus terjaga pada kondisi yang rendah.

"Kasus konfirmasi di Jawa Bali terus mengalami penurunan dari puncaknya, hingga mencapai 99 persen dari puncak kasus pada 15 Juli yang lalu," kata Luhut dalam keterangan pers PPKM secara virtual, Senin (8/11).

Baca juga : Mulai Hari Ini, Terbang Di Jawa Bali Bisa Pakai Antigen

Selain itu, angka reproduksi (Rt) Indonesia dan Jawa Bali juga masih berada di bawah 1. Ini mengindikasikan terkendalinya pandemi Covid-19.

Rt di Jawa tetap pada angka 0,93 sementara di Bali pada angka 0,97.

"Dalam Ratas yang dipimpin Presiden siang ini, beliau menyampaikan bahwa kita harus betul berhati-hati dan belajar dari pengalaman negara-negara di Eropa, yang mengalami lonjakan kasus harian cukup besar akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan," papar Luhut.

Baca juga : PPKM Diperpanjang, Ini Daftar 16 Kabupaten/Kota Di Jawa Bali Yang Masuk Level 1

"Di sisi lain, saya juga perlu menyampaikan adanya tren kenaikan kasus di Jawa Bali. Terutama pada 43 Kabupaten/Kota dari 128 Kabupaten/Kota atau 33,6 persen dalam 7 hari terakhir," imbuhnya.

Terkait hal tersebut, Luhut mengatakan, pemerintah akan mengumpulkan 43 kabupaten/kota di Jawa Bali tersebut untuk segera mengidentifikasi dan melakukan intervensi. Demi menahan tren kenaikan.

"Dapat kami sampaikan juga, terkait relaksasi PPKM yang terus dilakukan oleh pemerintah berdampak kepada kenaikan mobilitas yang cukup tinggi, hingga di atas baseline," bebernya.

Baca juga : Kasus Positif Naik 719, Kenaikan Kasus Sembuh Terendah Dalam 2 Pekan Terakhir

Menurutnya, peningkatan ini harus diwaspadai. Karena masih ada 34 persen kabupaten/kota di Jawa Bali, yang mobilitasnya cukup tinggi. Namun, tingkat vaksinasinya belum mencapai target. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.