Dark/Light Mode

Lahirkan Inovasi, Dua Bupati Ini Diganjar Penghargaan Dari Plt Gubernur Sulsel

Kamis, 11 November 2021 15:43 WIB
Forum Inspirasi Sulawesi Selatan yang mengusung tema Peningkatan Pelayanan Publik untuk Sulawesi Selatan yang Melayani, Inovatif dan Berkarakter, di Claro Makassar, Kamis (11/11). (Foto: Zoom)
Forum Inspirasi Sulawesi Selatan yang mengusung tema Peningkatan Pelayanan Publik untuk Sulawesi Selatan yang Melayani, Inovatif dan Berkarakter, di Claro Makassar, Kamis (11/11). (Foto: Zoom)

 Sebelumnya 
Disebutkan juga, kolaborasi ini dimulai sejak 2015. Tujuannya, untuk mendukung upaya penanggulangan kemiskinan melalui perbaikan akses dan kualitas layanan dasar, peningkatan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin dan rentan di tujuh provinsi. Termasuk, Jawa Timur.

Peningkatan kualitas layanan dasar akan berkontribusi pada penanggulangan kemiskinan di Sulsel.

"Kolaborasi antara Pemerintah Sulawesi Selatan bersama KOMPAK, mampu berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan dasar khususnya di Kabupaten Pangkep dan Bantaeng," bebernya.

Baca juga : Peduli Lingkungan, Kilang Pertamina Sabet Penghargaan Gubernur Sumsel

Andi Sudirman menyatakan, dia menunggu inovasi-inovasi selanjutnya untuk seluruh kabupaten/kota di Sulsel.

"Saya senang, karena melalui forum ini kami dapat mempresentasikan hasil kolaborasi kami dengan pemerintah provinsi dan kabupaten Sulawesi Selatan melalui program KOMPAK," ucap Andi Sudirman.

Sementara Konsul-Jenderal Australia di Makassar Bronwyn Robbins menyatakan, lewat kolaborasi ini, dia menemukan solusi-solusi inovatif untuk permasalahan lokal yang bermanfaat bagi sebagian masyarakat terpencil dan paling rentan di Provinsi ini.

Baca juga : Lengkapi Berkas Perkara, KPK Perpanjang Penahanan Dodi Reza Alex Noerdin

"Model-model tersebut berkontribusi terhadap mandat pemerintah daerah untuk memastikan akses yang adil ke layanan dasar serta meningkatkan taraf kehidupan masyarakat rentan dan terpencil," tuturnya.

Model-model ini menghasilkan pembelajaran yang berharga serta indikasi untuk memperkuat kebijakan, baik di tingkat nasional maupun subnasional.

Selain itu, model-model ini disokong oleh komitmen Pemerintah Australia terhadap tata pemerintahan yang baik sebagai pendorong utama pembangunan inklusif.

Baca juga : Disaksikan Jokowi, Bahlil Teken MoU Dengan Perusahaan AS Di Dubai

Acara ini dihadiri staf dinas pemerintah provinsi secara tatap muka dan bupati di Sulawesi Selatan, perwakilan OPD kabupaten/kota, perwakilan camat, dan kepala desa/kelurahan yang hadir secara virtual.

Selain itu, juga hadir Bupati Bantaeng, Bupati Luwu Utara, Wakil Bupati Bulukumba, Plt Dirjen Bina Bangda Kemendagri, Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas, Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat BAPPENAS, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB, dan Konsul-Jenderal Australia di Makassar. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.