Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PLN Berangkatkan 7.000 Pemudik Gratis

Rabu, 29 Mei 2019 11:00 WIB
Pelepasan pemudik di depan Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (28/5).
Pelepasan pemudik di depan Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (28/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Layanan mudik gratis bersama PLN hadir kembali, tahun ini, 7.000 pemudik diberangkatkan melalui moda transportasi Bus dan Kapal Pelni. Kegiatan bertajuk Mudik Bareng Guyub Rukun merupakan bagian dari program BUMN hadir untuk Negeri.

Acara pelepasan pemudik dilakukan di PLN kantor pusat, Jakarta, hari ini. Program ini menyediakan 100 bus untuk 5.000 pemudik dengan tujuan beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara untuk Moda transportasi kapal, 2.000 pemudik ikut serta.

Program mudik gratis yang diperuntukkan bagi pegawai, mitra kerja, tenaga outsource, warga sekitar dan keluarga para pedagang kaki lima yang berada di lingkungan kantor PLN se-Jabodetabek ini juga memberangkatkan pemudik yang berasal dari Program Kementerian ESDM dan Polda Metro Jaya.

Baca juga : Posko Kesehatan Layani Pemudik 24 Jam

Acara pelepasan rombongan bus dan peserta mudik bareng dilakukan VP Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah. Menurut Dwi,  mudik bersama ini pelaksanaannya melibatkan sinergi antar BUMN dan diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan mudik dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Ia juga menyatakan, program ini sebagai wujud kepedulian BUMN kepada masyarakat sekitar.

“Kegiatan mudik gratis dari PLN ini sudah berjalan sejak 2007 dan menjadi program tahunan perusahaan. Program ini juga menjadi salah satu bentuk kepedulian perusahaan (corporate social responsibility) kepada masyarakat sekitar PLN untuk bisa menjalankan ritual mudik lebaran tanpa harus berebut membeli tiket, tak perlu berdesak-desakkan di atas bus atau kereta api, sehingga acara mudik dengan keluarga menjadi lebih nyaman," tutur Dwi.

Sementara itu, kegembiraan juga diungkapkan warga yang mengikuti mudik gratis. Anton Warga Wonosari Gunung Kidul terlihat sumringah saat hadir pada acara pelepasan para peserta Mudik Bareng.

Baca juga : BI Larang Pegawainya Terima Gratifikasi

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN atas bantuan mudik gratis sehingga dapat berkumpul dengan keluarga sekaligus merayakan lebaran di kampung halaman," kata Anton.

Sebelumnya, sebagai upaya menjaga keselamatan perjalanan selama mudik, di hari yang sama dilakukan cek kesehatan dan tes urine bagi awak bus serta cek kendaraan. Memastikan stamina dan fisik yang prima para awak bus merupakan upaya mengutamakan keselamatan penumpang selama perjalanan mudik ini. Selain itu, seluruh peserta dan awak bus juga diasuransikan.

Untuk mudik dengan kapal, PLN beker jasama dengan Pelni memberikan 3 alternatif rute yakni : Jakarta - Surabaya - Pontianak - Surabaya - Makassar - Maumere - Makassar - Bau-Bau. Untuk Jakarta-Surabaya pelepasan para pemudik dilakukan Deputi Infrastruktur Bisnis Hambra Samal, sementara untuk pelepasan pemudik dari Pontianak dan Makasar telah dilakukan sehari sebelumnya (28/5). Di Makassar sebanyak 440 pemudik dari program mudik gratis, telah diberangkatkan dengan tujuan Maumere dan Bau-Bau.

Baca juga : Promo Ramadan Deals Traveloka Mudahkan Pemudik Cari Penginapan

Pelepasan dilakukan General Manager PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf di Kantor PLN UIW Sulselrabar. Selain mendapatkan tiket kapal, masing-masing pemudik juga akan mendapatkan baju kaos dan topi serta tambahan uang saku sebagai bekal dalam perjalanan. Sementara di Pontianak, sebanyak 962 pemudik yang diberangkatkan melalui kapal Pelni KM Bukit Raya rute Pontianak menuju Surabaya.

Menurut General Manager PLN UIW Kalbar, Agung Murdifi, program mudik bareng ini merupakan wujud kepedulian PLN bagi masyarakat yang ingin berkumpul dan merayakan Lebaran bersama keluarga.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :