Dark/Light Mode

Jemaah Haji Diimbau Tak Bawa Zamzam di Koper, Bisa Didenda Rp 25 Juta

Senin, 25 Maret 2024 15:08 WIB
Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Subhan Chalid (Foto: MCH 2024)
Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Subhan Chalid (Foto: MCH 2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para jemaah haji Indonesia diimbau tidak lagi memasukkan air zamzam ke dalam koper. Sebab, hal itu dilarang pihak Arab Saudi. Bagi yang melanggar, bisa kena denda 6000 riyal atau mencapai Rp 25 juta.

"Untuk jemaah yang membawa air zamzam di koper, akan kena denda sampai 6000 riyal. Saat ini pihak PHU (Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah) sedang negosiasi itu progresnya seperti apa ya," ucap Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Subhan Chalid, di acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu malam (24/3).

Baca juga : Bahaya, Jemaah Haji Bawa Jimat Bisa Dihukum Mati di Arab Saudi

Sebenarnya, setiap jemaah haji sudah dijatah 5 liter zamzam yang dikoordinir pemerintah. "Saat tiba di debarkasi, air zamzam itu baru dibagikan," terangnya.

Namun, banyak jemaah yang merasa kurang dengan jatah itu. Mereka pun "menyelundupkan" zamzam ke dalam koper dengan menggunakan bekas botol air mineral dan sejenisnya. Mereka berusaha menyamarkan zamzam tersebut dengan membungkusnya memakai kain sampai lakban.

Baca juga : Overstay Hingga 6 Tahun, 8 Warga Negara Nigeria Ditahan Kantor Imigrasi Jakut

Padahal, langkah ini tidak akan berhasil. Sebab, koper-koper mereka akan diperiksa dengan X-ray.

Subhan menyatakan, pihaknya akan mensosialisasikan larangan membawa zamzam di koper ini ke para jemaah. "Poinnya adalah kita akan coba taati aturan itu dan sosialisasikan kepada jamaah," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.