Dark/Light Mode

PAN Tawarkan Dua Kadernya

Desi Dan Bima Siap Ramaikan Pilgub Jabar

Rabu, 24 April 2024 07:30 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) menjagokan Desi Ratnasari maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024. Selain Desi Ratnasari, PAN juga mendorong Bima Arya Sugiarto maju dalam Pilkada November mendatang.

“Kalau dari internal kita ada Desy Ratnasari, ada Bima Arya. Dua itu yang kita gadang-gadang (maju Pilkada Jabar),” ung­kap Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, Selasa (23/4/2024).

Dia mengatakan, untuk memuluskan kadernya di Pilgub Jabar, PAN memastikan tidak harus berkoalisi dengan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). PAN terbuka berkoal­isi dengan parpol manapun.

“Kita prinsipnya terbuka untuk koalisi dengan partai manapun. Tidak ada istilah harus dengan koalisi yang pilpres kemarin, tidak,” katanya.

Baca juga : Menteri Siti Jalankan Transportasi Di KLHK

Yandri mengatakan, koalisi dengan partai di KIM memang lebih diutamakan. “Koalisi den­gan Golkar, Gerindra, Demokrat kalau memang itu bisa diramu, dirajut ya bagus juga,” ujar dia.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, partainya memprioritaskan para kader maju dalam Pilkada serentak 2024. Meski demikian, partainya juga tidak menutup peluang un­tuk berkoalisi dengan partai lain.

Menurut Zulhas, jika tidak ada kader yang maju, maka par­tainya membuka peluang bagi pihak eksternal untuk mendaf­tarkan diri dan maju Pilkada melalui PAN. Dia memastikan, PAN menyiapkan dua kandidat untuk maju di Pilgub Jabar. “Jawa Barat ada Bima Arya, Desi Ratnasari,” ujarnya.

Bima Arya mengaku siap soal kemungkinan maju di Pilgub Jabar 2024. Bahkan dia men­gaku sudah menerima arahan dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. “Sebagai kader pasti saya harus siap-siap,” kata Bima Arya, Selasa (23/4/2024).

Baca juga : Hak Angket Hanya Buang-buang Waktu

Meski begitu, Bima mengatakan, proses menuju Jabar 1 masih panjang, serta masih ada kandidat-kandidat lainnya.“Saya kira sekarang saya mau izin dulu sama keluarga,” terangnya.

Bima menceritakan, dahulu sebelum maju menjadi Wali Kota Bogor, dia minta izin lebih dulu ke orang tuanya. Kini, setelah orang tuanya telah tiada, dia berniat meminta izin ke mertu­anya sebelumnya memutuskan maju Pilgub Jabar 2024.

“Sekarang Ibu saya sudah tidak ada, maka saya akan tanya ke ibu mertua. Saya akan minta pendapat dari istri dan anak-anak,” terangnya.

Dia mengatakan, kepada mer­tuanya akan menyampaikan bahwa keputusan maju di Pilgub Jabar merupakan arahan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Baca juga : Ditjen Bea Cukai Dapat Sorotan Masyarakat Lagi

“Saya akan sampaikan bahwa ini diperintah ketum sebagai salah satu nama yang akan didorong ke Jawa Barat,” jelasnya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.