Dark/Light Mode

Gelar Buka Puasa, Dubes Rusia Suguhi Blini Dan Plov

Kamis, 30 Mei 2019 11:53 WIB
Duta Besar Lyudmila Vorobieva (di tengah berbatik) bersama para wartawan saat buka bersama di kediamannya di Jakarta, tadi malam. (Foto Kartika Sari/Rakyat Merdeka)
Duta Besar Lyudmila Vorobieva (di tengah berbatik) bersama para wartawan saat buka bersama di kediamannya di Jakarta, tadi malam. (Foto Kartika Sari/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aroma manis blini dan aroma gurih dari plov menyambut tamu yang berbuka puasa di kediaman Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva, Kuningan, Jakarta, kemarin. Itulah dua makanan favorit Muslim Rusia saat Ramadan.

Kehadiran makanan khas tersebut menjadi pengakrab acara buka puasa. Suasana terasa hangat dan penuh kekeluargaan.

"Blini bukan makanan khas Ramadan saja. Biasanya juga disajikan untuk pesta pernikahan, Natal dan event besar lainnya," ujar Dubes Vorobieva yang mengenakan batik kecoklatan.

Baca juga : Jalin Kebersamaan, Menpora Buka Puasa Bersama Atlet SKO Ragunan dan PPLM

Blini, panganan yang berbentuk panekuk yang dilipat dan diisi irisan ikan salmon memang menu berbuka puasa yang segar. "Jadi bisa berbuka dengan blini dan teh. Nanti, baru lanjut makan plov," terang Vorobieva menjelaskan cara menikmatinya.

Plov berupa nasi tanak dengan minyak khusus dan dimasak dengan potongan daging kambing dan disajikan dengan salad sayur. "Warga Rusia sangat suka plov. Sangat mudah menemukan makanan itu di rumah-rumah. Ini makanan mengenyangkan dan bergizi usai berpuasa," terang Vorobieva.

Para tamu yang berbuka di kediaman dubes Vorobieva pun bisa menikmati jejeran foto yang menggambarkan kehidupan Muslim di Rusia. Dunia Islam bukan hal baru di Rusia. Agama Islam sudah masuk ke sana 1.400 tahun lalu.

Baca juga : Diduga Lakukan Makar, Lieus Sungkharisma Diborgol

Sesuai Undang-Undang, Islam merupakan salah satu agama tradisional di Rusia. Islam merupakan agama kedua terbesar di Rusia setelah Kristen. Kira-kira 20 juta orang dari 40 etnis di seluruh negara, khususnya dari wilayah Volga, Urals, Caucasus, Moskow, Sankt Peterburg dan Siberia Barat.

Di pengujung acara, para tamu dan Dubes berfoto bersama.[MEL]/[DAY]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.