Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Belanda Lambert Grijns Berbagi Tips Tanggulangi Banjir

Kamis, 25 November 2021 07:25 WIB
Dubes Lambert Grijns (kiri) seusai berdiskusi bertajuk Ambassador Talk bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (23/11). (Foto: Istimewa)
Dubes Lambert Grijns (kiri) seusai berdiskusi bertajuk Ambassador Talk bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (23/11). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Mengenai langkah pencegahan, Dubes Grijns menceritakan situasi Belanda saat dilan-da banjir besar pada 1953. Bencana tersebut, menurutnya, sebagai wake-up call untuk mencegah bahaya di masa depan.

Demi mencegah bencana kembali terulang, Belanda membangun konstruksi perlindugan banjir terbesar di dunia, Delta Works.

Baca juga : Dubes Swedia Marina Berg: Warga Negaranya Kangen Liburan Ke Bali

Proyek tersebut didukung dengan pemanfaatan teknologi inovatif, yang dibangun sejak 1954. Mega konstruksi itu dapat melindungi kawasan di sisi barat daya negeri itu dari bahaya banjir maupun air pasang laut.

Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati menilai, salah satu contoh kesuksesan Delta Works adalah saat Eropa Barat dihadang banjir Juli lalu.

Baca juga : Dubes Belanda Lambert Grijns, Jajaki Kerja Sama Wisata Sejarah Di Depok Lama

Belanda berhasil meminimalisir dampak banjir bandang dengan penanggulangan sistem pembuangan air dengan baik. Dampaknya, Belanda tidak mengalami kerugian sebesar negara tetangga mereka.

Keberhasilan Belanda dalam memitigasi bencana banjir dan membangun mekanisme kesiapsiagaan menjadi pembelajaran besar bagi indonesia.

Baca juga : Wanda Nara, Dapat Gono-gini Bernilai Fantastis

Dubes Grijns yakin, Indonesia mampu mengatasi permasalahan air dan bencana banjir. Menurutnya pengalaman-pengalaman bencana yang beragam di Kalimantan, Sumatera, Nusa Tenggara Timur dan Pesisir Jawa menjadi kekuatan menghadapi bencana air dan banjir ke depan.

“Belanda membuka diri untuk berbagi pengalaman, sebagaimana saat ini Belanda membantu membangun proteksi tepi pantai berwawasan lokal di pesisir Jawa tengah,” tutupnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.