Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari HAM Sedunia, Dubes Uni Eropa Vincent Piket Ingatkan Peran Penting Jurnalis

Selasa, 14 Desember 2021 07:24 WIB
Dubes Uni Eropa Untuk Indonesia Vincent Piket. (Foto: Twitter)
Dubes Uni Eropa Untuk Indonesia Vincent Piket. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di masa serba digital, berita dapat tersebar dengan cepat dan dilihat siapa saja dan dari mana saja. Namun, Duta Besar Uni Eropa (Dubes UE) untuk Indonesia Vincent Piket, mengingatkan pentingnya tugas jurnalis, sebagai salah satu pihak yang dipercaya untuk menyebarkan informasi terkini, tanpa tambahan bumbu-bumbu kebohongan.

“Teknologi digital menjadi semakin tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, segala kemudahan tersebut juga terselip kerugian,” ucap Dubes Piket dalam keterangan resminya, Minggu (12/12).

Baca juga : Pupuk Indonesia Siapkan Platform Digital

Beberapa aplikasi teknologi menimbulkan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap hak asasi manusia. Ancaman seperti doxing dan pemalsuan data biasanya menargetkan kelompok rentan, termasuk pembela hak asasi manusia, pelapor, bahkan jurnalis.

Sebagai informasi, doxing atau juga biasa ditulis dengan doxxing adalah kegiatan membongkar atau menyebarkan informasi pribadi seseorang, yang dilakukan oleh orang yang tidak berwenang atau tanpa izin dari pihak yang bersangkutan.

Baca juga : Dubes Uni Eropa Vincent Piket Apresiasi Buku Moderasi Beragama 3 Bahasa

Di momen Hari Hak Asasi Manusia sedunia yang jatuh pada 10 Desember, Piket mendorong jurnalis untuk terus memainkan peran kunci sebagai penyebar informasi yang paling bisa dipercaya. Untuk itu, Perwakilan UE di indonesia bersama Aliansi Jurnalis independen (AJi) memberikan Penghargaan EU4Wartawan kepada wartawan yang dinilai jujur dan menjunjung tinggi nilai HAM.

“Para jurnalis memainkan peran kunci dalam menyoroti perkembangan sosial. Mereka adalah pihak yang dapat menyadarkan kesadaran publik mengenai apa yang terjadi di lapangan,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.