Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tolak Rayuan AS Soal Israel Yang Jahat Ke Palestina

Bu Retno Dikagumi Oposisi

Senin, 27 Desember 2021 07:55 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat bertemu Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (14/12/2021). (Foto: Olivier Douliery/Pool Photo via AP)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat bertemu Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (14/12/2021). (Foto: Olivier Douliery/Pool Photo via AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Niat kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken ke sini, 2 pekan lalu, akhirnya terungkap. Ternyata, Blinken bawa misi untuk menormalisasi hubungan Indonesia dengan Israel. Namun, tawaran itu ditolak langsung Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Sikap tegas Retno terhadap zionis yang jahat ke Palestina ini mendapat pujian, termasuk dari kalangan oposisi.

Dua pekan lalu, Blinken tiba di Indonesia. Blinken sempat diterima Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/12). Setelah itu, Blinken melakukan pertemuan dengan Retno Marsudi di Kantor, Kemenlu, Jakarta.

Baca juga : Prabowo, Hatinya Ke Palestina

Namun, setelah Blinken kembali ke negaranya, justru muncul kabar kurang enak buat Indonesia. Sejumlah media lokal di Israel menyebut, Blinken berhasil meyakinkan Indonesia untuk melakukan normalisasi dengan negara zionis tersebut.

Retno yang sempat melakukan pertemuan 4 mata dengan Blinken, tidak terima dengan pemberitaan media di Israel tersebut. Dengan tegas, Retno lewat Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Teuku Faizasyah memastikan, Indonesia tetap pada sikap awal, yakni menolak kejahatan Israel terhadap Palestina.

Baca juga : Bongkar Pengaturan Skor Perserang, PSSI Lapor Ke Polda Metro Jaya

“Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyampaikan posisi konsisten Indonesia terhadap Palestina. Bahwa Indonesia akan terus bersama rakyat Palestina, memperjuangkan keadilan dan kemerdekaan Palestina,” kata Faizasyah, di Jakarta, kemarin.

Namun, Faizasyah tidak membantah, dalam pertemuan antara Blinken dan Retno, di Jakarta, ada menyinggung soal normalisasi hubungan RI-Israel. Kata dia, Blinken yang menyinggung masalah tersebut dengan Retno.

Baca juga : Makam “Nabi Yusuf” Diserbu Israel, Warga Palestina Luka-luka

“Isu Israel yang memunculkan itu Blinken pada pertemuan dengan Menlu RI saat kunjungan ke Jakarta,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sejak era Presiden Donald Trump, Amerika berupaya keras menggoda Indonesia untuk menormalisasi hubungan Israel dengan sejumlah negara Islam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.