Dark/Light Mode

Dubes Rosan Buka Muktamar Muslim RI Dan Malaysia Di LA

Selasa, 28 Desember 2021 20:28 WIB
Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani. (Foto KBRI Washington DC)
Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani. (Foto KBRI Washington DC)

 Sebelumnya 
Senada dengan Dubes RI, Konsul Jenderal RI di LA, Saud Putranto Krisnawan menegaskan peran penting para peserta Muktamar. Ia berharap, melalui peran aktif peserta dalam Muktamar ini, semua dapat lebih memahami makna dan meningkatkan persatuan.

"Tidak hanya di antara sesama Muslim Indonesia dan Malaysia, namun juga dengan komunitas-komunitas antar agama di AS,” ujar diplomat Indonesia yang pernah bertugas di Washington DC dan Sydney.

Setelah sesi pembukaan, Dubes Rosan juga berkesempatan berkeliling arena Muktamar, menyapa peserta Muktamar youth dan berdiskusi dengan Board of Trustee IMSA.

Baca juga : Jalan Anies Masih Lapang

Turut hadir dalam acara pembukaan Muktamar IMSA-MISG tersebut, Wakil Duta Besar RI untuk AS, Iwan Freddy Hari Susanto, Presiden MISG, Zabidi Yusoff, dan Presiden Indonesia Muslim Foundation (IMFO) LA, Dwirana Satyavat, serta para Imam dan perwakilan masjid-masjid maupun komunitas Islam Indonesia di AS. Hadir pula Konsul Jenderal Malaysia di LA, Anil Fahriza Adenan.

Muktamar IMSA-MISG tahun ini dihadiri sekitar 1.300 diaspora Muslim Indonesia dan Malaysia. Yang mana 700 merupakan pemuda asal AS dan Kanada. Selain berisi berbagai diskusi untuk meningkatkan peran dan kualitas diaspora Muslim Indonesia di AS, juga mengangkat agenda pemberdayaan generasi muda dan perempuan, seperti kewirausahaan.

Selama berlangsungnya Muktamar, panitia menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat. Seluruh peserta Muktamar wajib menunjukkan bukti vaksinasi atau bukti negatif tes PCR, termasuk anak-anak.

Baca juga : Bertambah 49, Kasus Omicron Di Malaysia Kini Tembus 62

Kegiatan Muktamar IMSA ini disambut antusiasme yang tinggi dari para peserta. Beberapa di antaranya bahkan datang dari berbagai penjuru di AS.

“Kegiatan ini memang selalu ditunggu. Selain ajang silaturahmi, banyak ide baru untuk memperkaya kualitas diri dan memperkuat persatuan masyarakat Muslim di AS” ujar Syafrin Murdas, mantan Presiden IMSA yang berdomisili di Negara Bagian Virginia.

Peserta lain, Irwan Tantru dan istrinya, Baiq Herawati, yang juga berasal dari Virginia, bahkan rela naik mobil selama enam hari menjelajahi ribuan kilometer dan melewati berbagai negara bagian di AS untuk sampai ke kota Los Angeles.

Baca juga : PM Hun Sen Mainkan Taktik Diplomasi Koboi

Sejak terbentuk pada 1998, IMSA telah menjadi organisasi yang awalnya terdiri dari para pelajar dan mahasiswa Indonesia menjadi sebuah organisasi masyakarat keagamaan, amal, ilmiah, sastra, pendidikan dan nirlaba. Kegiatan Muktamar IMSA-MISG 2021 merupakan kegiatan tahunan ke-23. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.