Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tragis, Pilih Kena Covid Ketimbang Divaksin, Penyanyi Ceko Meninggal

Kamis, 20 Januari 2022 06:38 WIB
Penyanyi folk Ceko Hana Horka (Foto: Net)
Penyanyi folk Ceko Hana Horka (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hana Horka (57), penyanyi folk Ceko meninggal dunia setelah sengaja terkena Covid-19.

Horka yang tak divaksin, sempat memposting info telah pulih dari Covid, sebelum menghembuskan napas terakhir dua hari setelahnya.

Putra Horka yang bernama Jan Rek mengungkap, ibunya sengaja tak mengisolasi diri saat ia dan ayahnya positif Covid pada Natal lalu. Karena sang ibu memang ingin sekali  terinfeksi Covid, supaya bisa mengakses tempat tertentu, tanpa sertifikat vaksin.

Baca juga : Kasus Formula E, KPK Minta Keterangan Dino Patti Djalal

Sementara Rek dan ayahnya, sudah divaksin penuh.

Seperti diketahui, pemerintah Ceko meminta warganya untuk menunjukkan sertifikat vaksin atau surat keterangan telah sembuh dari Covid, sebagai syarat mengakses tempat-tempat publik seperti bioskop, bar, dan kafe.

"Mestinya, dia mengisolasi diri selama seminggu karena kami berdua positif Covid. Tapi, dia justru bersama kami sepanjang waktu," tutur Rek kepada BBC, Rabu (19/1).

Baca juga : Kurangi Limbah, Ini Tips Vania Herlambang Beli Produk Kecantikan

"Ibu saya memang ingin terinfeksi Covid, supaya aktivitasnya tak terlalu dibatasi. Soalnya, dia tidak divaksin," imbuhnya.

Dua hari sebelum meninggal, Horka menyampaikan info dirinya sedang dalam pemulihan, melalui media sosial. "Sekarang, siap-siap ke teater, sauna, konser," tulisnya.

Minggu (16/1) pagi, Horka merasa kondisinya lebih fit. Dia pun berpakaian rapi, untuk berjalan-jalan. Namun, tiba-tiba punggungnya terasa sakit. Horka pun batal berangkat. Dia rebahan di kamarnya.

Baca juga : Berkas Dilimpahkan, Budhi Sarwono Segera Disidang Di Pengadilan Tipikor Semarang

"Dalam waktu sekitar 10 menit, semuanya selesai. Dia tersedak sampai mati," ujar Rek.

Meski tidak divaksin, Rek memastikan ibunya bukan tipikal orang yang percaya pada beberapa teori konspirasi yang lebih aneh, tentang vaksin Covid.

"Ibu saya lebih sependapat dengan gagasan tertular Covid untuk mendapatkan kekebalan, ketimbang divaksin. Bukannya percaya bahwa vaksin mengandung microchip dan sebagainya," beber Rex.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.