Dark/Light Mode

Perkuat Kerja Sama Pendidikan, Untidar Magelang Gaet Universitas Unggulan Di Belarus

Selasa, 25 Januari 2022 20:59 WIB
Kesepakatan kemitraan antara Untidar dan BSAA yang digelar virtual di Belarus, Senin (24/1) (Foto: Dok. KBRI Moskow)
Kesepakatan kemitraan antara Untidar dan BSAA yang digelar virtual di Belarus, Senin (24/1) (Foto: Dok. KBRI Moskow)

 Sebelumnya 
"Dengan kualitas dan rekam jejak selama 185 tahun sejak didirikan pada tahun 1836, BSAA merupakan kampus yang sangat kredibel di Republik Belarus dan kawasan Eropa Timur. Saya menyakini Untidar akan dapat memperoleh banyak manfaat melalui kerja sama ini, dan begitupun sebaliknya,” ungkap Dubes Tavares.

Dubes Tavares juga menggarisbawahi arti penting kerja sama yang disepakati untuk pengembangan kapasitas dan kualitas kedua universitas, khususnya bagi mahasiswa dan tenaga pengajar.

“Kiranya dalam implementasi pelaksanaan kerja sama, Untidar dan BSAA dapat mengembangkan berbagai program kolaborasi dan pertukaran yang saling menguntungkan bagi para mahasiswa dan dosen, yang belum tentu dapat diperoleh melalui pembelajaran konvensional di kelas," pungkas Dubes Tavares.

Baca juga : KPK Terima Pengembalian Uang Kasus Suap Di Muba

BSAA merupakan universitas negeri yang terletak di kota Gorki, 3 jam perjalanan darat dari Ibu Kota Minsk. BSAA saat ini memiliki 10 (sepuluh) Fakultas dengan 44 departemen/ jurusan, antara lain: Agronomi, Agroekologi, Bioteknologi dan Akuakultur, Manajemen Pertanahan, Reklamasi dan Konstruksi, Mekanisasi Pertanian, Ekonomi, Bisnis dan Hukum, Akuntansi, dan Hubungan Internasional.

BSAA juga telah memiliki program Pendidikan S2 dan S3. BSAA saat ini memiliki kerja sama dengan mitra internasional berupa 140 perjanjian kerja sama, dan memiliki 480 mahasiswa asing dari 10 negara.

BSAA memiliki alumnus-alumnus yang saat ini merupakan tokoh dan figur terkemuka, baik pada sektor pemerintahan maupun profesional di Belarus. Presiden Republik Belarus yang sedang menjabat saat ini, Aleksandr Lukashenko, juga merupakan alumni BSAA.

Baca juga : BAIS Perkuat Kerja Sama Intelijen Dari Berbagai Lembaga

Penandatanganan nota kesepahaman antara Untidar dan BSAA merupakan buah dari diplomasi pendidikan yang telah dilaksanakan KBRI Moskow, melalui kantor Atase Pendidikan dan Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya.

Pada tahun 2021, KBRI Moskow melakukan berbagai upaya pendekatan dan pertemuan dengan berbagai universitas terkemuka (leading university) di Republik Belarus, dengan fasilitasi Kementerian Pendidikan Republik Belarus.

KBRI Moskow merencanakan di 2022 dapat memfasilitasi realisasi pelaksanaan kerja sama pendidikan antar universitas antara sejumlah universitas terkemuka di Federasi Rusia dan Republik Belarus dengan mitra kerjanya di Tanah Air.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.