Dark/Light Mode

Peringati 55 Tahun Hubungan Diplomatik

Singapura Siap Inves Lagi 9,2 Miliar Dolar

Rabu, 26 Januari 2022 08:10 WIB
Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong usai memberikan pernyataan bersama, di The Sanchaya Resort Bintan, Kepri, Selasa (25/01/2022). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr).
Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong usai memberikan pernyataan bersama, di The Sanchaya Resort Bintan, Kepri, Selasa (25/01/2022). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr).

 Sebelumnya 
Sementara dari delegasi Singapura hadir Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean, Menteri Pertahanan Ng Eng Hen, Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Hukum K. Shanmugam, Menteri Transportasi S Iswaran serta Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Kedua Perdagangan dan Industri Tan See Leng.

Usai berbincang-bincang, Lee kemudian menandatangani buku tamu. Setelah itu, Presiden Jokowi dan PM Lee berfoto bersama.

Baca juga : Rayakan 55 Tahun Hubungan Diplomatik, Jokowi-PM Lee Gelar Pertemuan Di Bintan

Dalam suasana bersahabat, keduanya berjalan kaki menuju beranda untuk melakukan pembicaraan. Dari hasil pertemuan itu, dalam jumpa pers daring, okowi mengungkap, Singapura akan melakukan investasi baru senilai 9,2 miliar dolar AS ke Indonesia.

“Kerja sama penguatan bidang ekonomi, Singapura merupakan investor terbesar di Indonesia,” kata Jokowi.

Baca juga : Dapat Peringatan Covid, Menlu Singapura Batal Ikut Retret Pemimpin Di Bintan

Dia mencatat, investasi Singapura di Indonesia pada Januari hingga September 2021 senilai 7,3 miliar dolar AS. Menurut Jokowi, investasi Singapura di Indonesia terbagi dalam beberapa bidang ekonomi. Investasi Singapura antara lain di bidang energi baru terbarukan, di sekitar Batam, Pulau Sumba dan Manggarai Barat di Nusa Tenggara Timur (NTT), serta pembangunan hub logisik di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Dalam rangkaian pertemuan ini ditandatangani MOU kerja sama energi, serta MOU kerja sama green and circular economy development,” tandas Jokowi.

Baca juga : Dubes Dewi Tobing Dan Menlu Sri Lanka Mantapkan Kerja Sama Ekonomi

Selain itu, kedua kepala negara menyaksikan penandatanganan tiga dokumen kerja sama strategis. Kesepakatan itu antara lain persetujuan penyesuaian batas wilayah informasi penerbangan Indonesia-Singapura (realignment Flight Information Region-FIR); perjanjian Ekstradisi Buronan (Extradition Treaty).

Selanjutnya ada Pernyataan Bersama (Joint Statement) Menteri Pertahanan Indonesia-Singapura tentang kesepakatan memberlakukan perjanjian pertahanan 2007 (joint statement MINDEF DCA). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.