Dark/Light Mode

Gelar Kongres Di Jakarta, Agustus Nanti

Para Diaspora Indonesia Diharap Genjot SDM Kita

Selasa, 18 Juni 2019 12:10 WIB
l Chairman Board of Trustees IDN-Global, Dino Patti Djalal (kiri), Wakil Ketua IDN, Said Zaidansyah (tengah), dan Presiden IDN-Global, Mark Gerald Eman, pada konferensi pers di Bengkel Diplomasi FPCI, Jakarta, Senin (17/6). (Foto : Istimewa).
l Chairman Board of Trustees IDN-Global, Dino Patti Djalal (kiri), Wakil Ketua IDN, Said Zaidansyah (tengah), dan Presiden IDN-Global, Mark Gerald Eman, pada konferensi pers di Bengkel Diplomasi FPCI, Jakarta, Senin (17/6). (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Agenda dua tahunan berkumpulnya para diaspora Indonesia dari berbagai bidang untuk saling share pengalaman, Kongres Diaspora Indonesia (Congress of Indonesia Diaspora/ CID), kembali hadir.

Bertemakan ‘Empowering Indonesias Human Capital’, CID ke-5 ini kembali diadakan di Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta, 10-13 Agustus mendatang. Indonesia Diaspora Network-G lobal (IDN-G lobal) akan memberikan rangkaian acara dan forum terbuka gratis bagi publik. Harapannya, kegiatan ini bisa mendekatkan para diaspora Indonesia dengan Tanah Air mereka.

“Sama seperti sebelumnya, Kongres Diaspora Indonesia ke-5 akan kembali dibuka oleh kegiatan satu hari penuh konferensi. Menghadirkan tokoh-tokoh diaspora Indonesia cemerlang dari berbagai spektrum masyarakat Indonesia,” terang Chairman Board of Trustees IDN-G lobal (2017-2019) Dino Patti Djalal, dalam konferensi pers persiapan CID ke-5 di Bengkel Diplomasi, Gedung Mayapada, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Pesona Busana Tradisional Indonesia Pikat Warga Swedia

Tokoh-tokoh diaspora yang dihadirkan, lanjut Dino, termasuk pejabat pemerintah, perusahaan, pemuka agama, politikus, selebriti, seniman, aktivis, atlet, inovator, akademisi, pemuda dan relawan internasional. “Pada 2017, tamu kehormatan Kongres Diaspora Indonesia ke-4 adalah Presiden AS Barack Obama. Tahun ini bintang-bintangnya adalah talenta diaspora yang luar biasa,” bebernya.

Sementara Presiden IDN-G lobal (2017-2019) Mark Gerald Eman menjelaskan, dalam kongres ini, juga akan mempertemukan diaspora Indonesia untuk berdiskusi tentang isu dan tantangan pembangunan SDM dari berbagai sector. Baik itu dari sisi ekonomi, politik, sosial dan budaya.

“Tujuan akhir konferensi ini akan berfokus pada penguatan peran diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas Sumber Daya manusia. Tema ini kami pilih karena kekayaan diaspora yang terbesar adalah SDM. Kami sungguh percaya pembangunan SDM adalah kunci masa depan Indonesia,” tandasnya.

Baca juga : Sikat Taiwan, Ganda Putra Indonesia Maju ke Semi Final

IDN-G lobal menjadi pintu kolaborasi untuk mendukung kemajuan Indonesia dari berbagai sektor. Melalui visi Connecting The Dots and Expanding The Opportunities, diaspora akan menjadi aset potensial untuk pembangunan Indonesia. Khususnya di bidang SDM.

Ketua Penyelenggara CID ke-5, Iwan Sunito pun menyambut dengan sangat antusias penyelenggaraan CID-5 di Jakarta. Sebab menurutnya, ini akan jadi momentum bagi Indonesia lebih menggali potensi diaspora yang akan membantu menggenjot pembangunan SDM kedepannya. “Inilah waktunya untuk akselerasi human kapital Indonesia,” ujar.

Iwan berharap, penyelenggaraan ini akan menjadi pertemuan terbesar bagi diaspora Indonesia berkumpul di Tanah Air dengan target perkiraan sebanyak 5.000 partisipan dari dalam maupun luar negeri. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.