Dark/Light Mode

PM Inggris Cabut Semua Prokes

Rabu, 23 Februari 2022 08:10 WIB
PM Inggris Boris Johnson. (Foto: Istimewa).
PM Inggris Boris Johnson. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Mulai besok, Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengumumkan bakal mencabut seluruh aturan protokol kesehatan (prokes) terkait Covid-19. Tidak hanya itu, kewajiban isolasi mandiri bagi pendatang dan warga yang terbukti positif pun ditiadakan.

Rencana “hidup dengan Covid-19’ ini disampaikan PM Johnson di hadapan Parlemen, Senin petang (21/2). Pembatasan, ujarnya, membawa dampak besar bagi ekonomi, kehidupan sosial, kesehatan mental, dan pada peluang hidup anak-anak.

Baca juga : Pengamat Sebut Feronikel Antam Punya Prospek Menarik

“Kita tak perlu membayar harga itu lebih lama lagi. Jadi biarkan kami hidup bersama virus ini dan terus melindungi diri sendiri dan orang lain tanpa membatasi kebebasan kami,” kata Johnson di Parlemen, dikutip Reuters, Selasa (22/2).

Langkah itu diambil Inggris lebih cepat dibandingkan negara-negara lainnya. Ketika Hong Kong membangun unit isolasi dan Eropa mempertahankan aturan jarak sosial dan vaksinasinya, Johnson malah akan mengumumkan pencabutan pembatasan pandemi.

Baca juga : Aston Villa Kepincut Joe Gomez

“Hari itu akan menandai momen kebanggaan, setelah salah satu periode tersulit dalam sejarah negara kita, saat kita mulai belajar hidup berdampingan dengan Covid-19,” lanjutnya.

Rencana Johnson menimbulkan kekhawatiran. Meski demikian, Pemerintah Inggris menyatakan telah memberikan fasilitas pengujian yang lebih banyak daripada negara lain.

Baca juga : Rashford, Si Raja Gol Injury Time

Johnson juga bakal mengandalkan vaksin booster, mengingat Pemerintah menawarkan vaksin tersebut kepada kelompok rentan, dan mengandalkan intervensi obat-obat seperti perawatan anti virus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.