Dark/Light Mode

Perjuangan WNI Keluar Dari Medan Perang Di Ukraina

Diangkut Bus 35 Jam, Ada Yang Kena Covid

Rabu, 2 Maret 2022 08:10 WIB
Wanita Polandia ini menawarkan tumpangan gratis kepada pengungsi Ukraina, di Medyka, Polandia, 26 Februari 2022. (Foto: Xinhua/Zhou Nan).
Wanita Polandia ini menawarkan tumpangan gratis kepada pengungsi Ukraina, di Medyka, Polandia, 26 Februari 2022. (Foto: Xinhua/Zhou Nan).

 Sebelumnya 
Rombongan dilaporkan sempat antre di perbatasan check point Polandia selama sekitar 2 jam sebelum akhirnya bisa masuk ke Polandia. Rombongan terbesar dievakuasi dari Kiev, mencapai 59 WNI dan 1 WNA. Mereka diseberangkan ke wilayah Moldova.

“Saat ini dalam perjalanan menuju Rumania,” sambung orang Indonesia pertama yang memperoleh penghargaan Order of Merit dari Raja Norwegia ini.

Sebagai informasi, evakuasi dari Kiev ini sebelumnya direncanakan pada 27 Februari 2022 melewati kota Lviv menuju Polandia. Namun, karena adanya kebijakan jam malam dan beberapa tantangan infrastruktur jalan yang diakibatkan peperangan, evakuasi terpaksa harus ditata ulang kembali.

Baca juga : Heroik, Perjuangan WNI Tinggalkan Ukraina Saat Pertempuran Sengit

“Saya sendiri terlibat langsung dalam penataan ulang jalur aman untuk evakuasi dari Kiev,” aku mantan Dubes RI untuk Belanda dan Norwegia itu.

Penetapan jalur yang diambil akhirnya diputuskan setelah melakukan konsultasi compare notes dengan banyak pihak, termasuk komunikasi Menlu dengan beberapa Menlu. Termasuk Menlu Turki dan India, yang kini mengalami situasi yang kurang lebih sama.

“Alhamdulillah evakuasi akhirnya dapat dilakukan pada 28 Februari, mengambil jalur selatan melalui kota Vinnytsia menuju Bucharest Rumania via atau melalui Moldova,” kisah Retno.

Baca juga : Pastikan WNI Selamat Keluar Dari Ukraina, Kemlu Gandeng Banyak Pihak

Evakuasi menggunakan 12 mobil dengan banyak menggunakan jalur alternatif, guna menghindari antrean dan macet di jalur utama.

Rombongan berangkat dari KBRI di Kiev sekitar pukul 11.30 dan tiba di perbatasan Moldova pada pukul 22.00 atau sekitar pukul 03.00 dini hari 1 Maret waktu Jakarta.

“Sebelum rombongan berangkat dari Kiev, saya sempat melakukan komunikasi per telepon dengan para pengungsi, dan semua perjalanan kita pantau dari dekat,” terangnya.

Baca juga : Penggunaan NIK Dukcapil Bakal Permudah Perizinan Berusaha BKPM 

Sejauh ini, sebut Menlu, sudah 99 WNI dan 5 WNA berhasil dievakuasi keluar dari Ukraina. Termasuk 5 WNI yang melakukan evakuasi mandiri. “Mereka sudah berada di dua titik aman, yaitu di Bucharest, Rumania dan di Rzeszow, Polandia,” pungkasnya.

Invasi Rusia ke Ukraina masih terus terjadi. Perang Moskow di Ukraina memasuki hari keenam pada Selasa (1/3). [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.