Dark/Light Mode

Telepon Menlu Retno, AS Berterima Kasih Indonesia Dukung Resolusi PBB Terkait Ukraina

Kamis, 3 Maret 2022 12:11 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto Twitter/Menlu_RI)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto Twitter/Menlu_RI)

 Sebelumnya 
Resolusi juga menuntut agar Moskow berhenti berperang dan menarik pasukan militernya, sebuah tindakan yang bertujuan untuk secara diplomatis mengisolasi Rusia di badan dunia itu.

Sementara 35 negara lain memberikan suara abstain. Mereka yang abstain termasuk, China, India, Pakistan, Vietnam, Laos, dan Kuba.

Baca juga : Senayan Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Mahasiswa Indonesia Di Ukraina

Adapun yang menolak resolusi itu terdapat lima negara adalah Rusia, Suriah, Korea Utara, Eritrea, serta Belarusia.

Indonesia jelas mendukung resolusi itu. Resolusi Majelis Umum PBB ini tidak mengikat, namun mereka membawa bobot politik. 

Baca juga : Gandeng Gameqoo, Sharp Indonesia Hadirkan Kompetisi Gim di MOI

Selain isu Ukraina, Menlu Retno dan Wamenlu Sherman juga membahas hubungan bilateral dan ASEAN. Baik Wamenlu Sherman dan Menlu Retno Marsudi menekankan juga pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia.

“Keduanya juga membahas upaya untuk memastikan suksesnya pertemuan AS-ASEAN yang akan berlangsung di Washington,” jelas Price.

Baca juga : Putin Telepon Tiga Negara, Presiden Iran: AS Dan NATO Biang Konflik Rusia Vs Ukraina

Presiden AS Joe Biden berencana menjadi tuan rumah KTT khusus Amerika Serikat dan para pemimpin ASEAN pada 28 dan 29 Maret mendatang.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.