Dark/Light Mode

Ekonomi Diharapkan Terkerek

Masuki Fase Transisi Endemi Covid, Malaysia Buka Pintu Perbatasan

Selasa, 8 Maret 2022 18:43 WIB
Ekonomi Diharapkan Terkerek Masuki Fase Transisi Endemi Covid, Malaysia Buka Pintu Perbatasan

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengumumkan rencana pembukaan batas negara, sebagai bagian dari fase transisi menuju endemi Covid-19, yang berlaku mulai 1 April mendatang.

"Saya percaya, ini adalah salah satu pengumuman besar yang paling dinanti rakyat. Pengumuman ini juga akan menjadi awal perbaikan ekonomi negara, khususnya pariwisata, yang babak belur dihantam pandemi Covid," kata Ismail Sabri dalam keterangan pers yang diterima RM.id, Selasa (8/3).

Ismail Sabri menjelaskan, keputusan membuka pintu perbatasan didasari oleh tiga hal penting.

Baca juga : 1 April, Malaysia Masuki Fase Transisi Menuju Endemi Covid

Pertama, mengacu pada fakta sains terkini terkait Covid-19. Kedua, melihat pengalaman negara-negara lain yang telah lebih dulu membuka perbatasan.

Ketiga, memberikan kejelasan bagi para pelancong dan tidak merumitkan perjalanan mereka.

"Paling penting, Malaysia sekarang adalah destinasi terbuka dan boleh dikunjungi oleh semua," ujar Ismail Sabri.

Baca juga : Husnudzon Saja, Semoga Covid-19 Melandai Saat Ramadan Dan Lebaran

Dengan dibukanya kembali perbatasan negara, warga Malaysia yang memiliki dokumen perjalanan yang valid, kini dapat keluar masuk negara seperti biasa. Serta diizinkan pergi ke negara mana pun, yang juga membuka gerbang perbatasannya untuk turis asing.

Begitu pula sebaliknya. WNA dengan dokumen perjalanan yang valid juga dapat melakukan pergerakan keluar masuk Malaysia, tanpa perlu apply MyTravelPass. Karena aplikasi tersebut akan segera dihapus.

Cukup download dan aktifkan aplikasi MySejahtera. Lengkapi Formulir Pra-Keberangkatan melalui fitur Wisatawan.

Baca juga : Horee, Kini Transaksi Di Malaysia Bisa Pakai QRIS

"Mengingat situasi Covid-19 yang belum sepenuhnya aman, setiap warga Malaysia atau wisatawan asing yang ingin masuk ke Malaysia harus tetap mematuhi prokes," imbau Ismail Sabri. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.