Dark/Light Mode

Diiringin Sirine Tanda Bahaya

Dubes Ghafur Dharmaputra: Evakuasi WNI Tak Henti, Cari Jalan Keluar Kiev

Selasa, 15 Maret 2022 08:04 WIB
Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra. (Foto Twitter/Kemenkominfo)
Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra. (Foto Twitter/Kemenkominfo)

 Sebelumnya 
Kementerian Luar Negeri Indonesia, kata dia, memastikan keamanan warganya, dan akan menyiapkan proses evakuasi jika negara tertentu mengalami situasi genting. “Ini memang sudah tugas kami, dan kami harus bergerak cepat,” katanya.

KBRi Kiev mencatat, ada 148 WNi yang tersebar di beberapa wilayah Ukraina. Dengan komunikasi yang baik, Ghafur akhirnya bisa mengumpulkan sebagain dari mereka di gedung KBRI dan kediamannya di Kiev.

Dengan mengumpulkan WNi dalam satu tempat, bukan berarti masalah bisa teratasi. Pandemi Covid-19 juga menjadi ancaman selain serangan senjata.

Baca juga : Jelang Batas Akhir Evakuasi, AS Bersiaga Hadapi Serangan Besar

“Kami bagi tempat berlindung menjadi dua tempat. Satu di Kedubes, satu lagi di wisma atau rumah tinggal dubes. Para wanita dan ibu tinggal di wisma. Sisanya di KBRI. Setidaknya itu bisa mengurangi risiko,” katanya.

Perjuangan Ghafur tak berhenti hanya mendata dan mengumpulkan para WNI yang ada di Ukraina. Dia dan tim bertanggung jawab mencari jalan keluar dengan aman.

Dubes Ghafur pun menyusun beberapa jalan evakuasi. Ada tiga tempat evakuasi, yakni melalui Lviv, Odesa dan Moldova. Sejak 28 Februari, rombongan Ghafur dan para WNi terus bergerak hingga 1.700 kilometer menjauhi Kiev.

Baca juga : Warga: Naik Bus Takut Covid, Gaji Sebulan Abis Buat Parkir

“Dari 138 WNi yang berada di Ukraina, 80 di antaranya telah kembali ke indonesia dengan selamat pada Kamis pekan lalu (3/3),” jelasnya.

Dalam pemaparannya, Dubes Ghafur memimpin proses evakua si seluruh WNi mulai dari Kiev hingga ke Bukares. Meski telah berhasil memulangkan beberapa WNi, tugasnya belum selesai.

“Kami bergerak 1.700 kilometer masuk Hungaria, Slovenia dan Polandia. Kami kemudian masuk Ukraina lagi menuju Lviv,” terang Dubes Ghafur.

Baca juga : Dapat Penyaring Dari BRG, Warga Desa Air Hitam Laut Tak Minum Di Parit Lagi

Sebagai perwakilan tertinggi indonesia di Ukraina, Ghafur punya tanggung jawab memastikan tak ada lagi WNi yang masih menetap di Ukraina. Kini sudah kembali ke Kiev dan memastikan keamanan bagi WNi yang masih menetap.

“Saat ini WNi yang masih ada di Ukraina sudah tidak banyak,” pungkas Dubes Ghafur. Dubes Ghafur dan dan beberapa staf KBRi di Kiev merupakan salah satu WNi yang masih menetap di Ukraina. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.