Dark/Light Mode

Beda Sikap Dengan Amerika Cs

Ogah Ngekor Paman Sam, Jepang Bakal Hadir Di G20

Sabtu, 16 April 2022 08:02 WIB
Menkeu Jepang Shunichi Suzuki (Foto Kyodo)
Menkeu Jepang Shunichi Suzuki (Foto Kyodo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan (Menkeu) Jepang Shunichi Suzuki bakal menghadiri pertemuan para menkeu negara anggota Group of Twenty (G20). Negeri Sakura tidak akan mengikuti langkah Amerika Serikat (AS) memboikot G20, jika perwakilan Rusia menghadiri event tersebut.

Gara-gara operasi militer Rusia ke wilayah timur Ukraina pada 24 Februari lalu, AS dan sekutunya meradang. Masalah keanggotaan G20 Rusia diusik. Situasi itu telah memecah forum utama kerja sama ekonomi internasional tersebut.

Baca juga : Kerja Sama Dengan Pemkot Singkawang, PLN Olah Sampah Untuk Bahan Bakar PLTU

Muncul seruan keras dari negara-negara Barat agar Rusia dikeluarkan dari G20. Tetapi, dukungan untuk Moskow tetap ada dari anggota G20, termasuk China. 

Kemudian Amerika Serikat (AS) dan teman-temannya menyatakan tidak akan menghadiri event G20 jika ada perwakilan Rusia. Kendati begitu, Jepang yang turut mengecam serangan Rusia ke Ukraina, berbeda sikap dalam hal ini. Pejabatnya ingin hadir di event G20.

Baca juga : TAF Sabet Penghargaan Perusahaan Pembiayaan Mobil Terbaik 2022

“Kami tidak akan mengomentari mengenai partisipasi negara anggota dalam forum. Itu bukan kewenangan kami,” tegas Menkeu Jepang Shunichi Suzuki dalam konferensi pers ketika ditanya tentang rencana Rusia untuk bergabung, dilansir Reuters, kemarin.

Menurutnya, pertemuan G20 adalah konferensi yang sangat penting untuk membahas berbagai masalah ekonomi global. Termasuk kenaikan harga pangan dan energi karena invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga : Pengamat: Pemerintah Jangan Anggap Remeh Ancaman AS Tak Hadiri KTT G20

“Partisipasi menteri keuangan dan gubernur bank sentral masing-masing negara pada dasarnya sangat diharapkan,” kata Suzuki.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.