Dark/Light Mode

Agar Lebih Cepat Jinakkan Si Jago Merah

Hore, Relawan Kebakaran Bakal Hadir Di Setiap RW

Rabu, 6 April 2022 09:30 WIB
Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Inggard Joshua. (Foto: Antara/HO DPRD DKI Jakarta).
Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Inggard Joshua. (Foto: Antara/HO DPRD DKI Jakarta).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan membentuk Relawan Kebakaran di setiap rukun warga (RW), terutama di wilayah yang rentan terjadi kebakaran. Tujuannya, agar upaya menjinakkan si jago merah bisa dilakukan lebih cepat.

Angka kebakaran di Jakarta cukup tinggi. Bahkan, jika dirata-rata musibah itu hampir terjadi setiap hari.

Untuk menangani masalah itu, Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Inggard Joshua meminta, Pempov DKI membentuk Relawan Kebakaran di setiap RW untuk menangani kebakaran dan mengedukasi warga. Ditekankan Inggard, para Relawan harus diberikan pelatihan, peralatan, dan insentif.

Baca juga : Sambut Ramadan, ASTON Bogor Hotel & Resort Bogor Hadirkan Iftar Dinner Buffet

“Saya rasa Pemprov DKI punya anggaran untuk membiayai itu,” jelas politisi Partai Gerindra ini di hadapan perwakilan Ketua RW dan warga Tambora, Jakarta Barat, Minggu (3/4) malam.

Secara teknis, Inggard menjelaskan, fungsi Relawan membantu Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dalam penanganan kebakaran.

“Kebakaran butuh penanganan yang cepat agar tidak menyambar ke tempat lain. Sambil menunggu petugas datang, para relawan nanti melakukan upaya lebih dulu,” kata Inggard.

Baca juga : Walkot Semarang Janjikan Tempat Jualan Baru Korban Kebakaran Relokasi Pasar Johar

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mendukung usulan Inggard.

“Kami berencana membentuk para Relawan Kebakaran yang kami beri nama Redkar, dan itu sudah menjadi program kami,” ucapnya.

Satriadi menegaskan, selama ini Gulkarmat DKI intensif melakukan sosialisasi kepada warga bagaimana cara mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Baca juga : Perbaikan Bandara Halim Ditarget Rampung 4 Bulan

“Petugas kami saat sedang tidak ada tugas pemadaman, melakukan sosialisasi ke masyarakat,” bebernya.

Ia menyebutkan, mayoritas penyebab kebakaran akibat arus listrik. Untuk itu, warga harus berhati-hati dan menjaga instalasi listrik di rumahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.